Sabtu, 06 Oktober 2012

ketika gue berkata jujur



*tahak*

*berdiri*

"jadinya berapa mba?"



"tadi makan pake apa aja?"

"pake itu, yang itu sama yang ini" *sambil nunjuk ke makanan dalam etalase*

"totalnya dua ratus ribu"

*keluarin uang dua ratus sepuluh ribu*

*kasih ke mba nya*

*mbanya nya nerima uang trus ngasih kembalian*

"makasih ya"

"iya"

*keluar warteg*

*ngitung kembalian*

*kembaliannya lebih lima ribu*

*balik lagi ke warteg*

"mba"

"apa mas?"

"mmhhhh"

"mas"

"mmmhhhh"

"WOI"

"oh ini mba, kembalian yang tadi kelebihan lima ribu" *sambil ngasih kembaliannya yang lebih*

"oh makasih yah mas"

"iya"

*hendak untuk keluar warteg*

"mas" *panggil mba warteg*

"apa  mba?"

"mmhhh"

"mba"

"mmhhhh"

"WOI DENGKUL!!!!"

"oh ini mas, karna mas udah jujur, mas boleh makan disini  gratis, tapi cuma sekali ya mas"

"oh makasih ya nyet, eh maaf mba"

*keluar warteg*

-----------------------------------------------------------------------------------------------

basa basi:
"setiap perbuatan itu pasti ada balasannya, saat kita berbuat baik, jangan fikirkan balasannya apa, ikhlaskan lah perbuatan baik itu, karena tuhan pasti memberi balasan yang baik terhadap perbuatan baik kita, entah itu didunia ataupun di akhirat atau mungkin di keduanya. tapi saat kita melakukan perbuatan tidak baik, kita harus memikirkan betapa buruk balasannya terhadap perbuatan tersebut.segeralah bertobat dan jangan lakukan lagi"

oke, mungkin semua orang udah tau tentang hal itu, gue cuma ngasih tau kepada diri gue sendiri, bagi yang nyesel baca basa basi gue, ya bodo amat, jangan harap gue akan minta maaf, lagian siapa suruh baca.

kalo gue perhatiin yang kurang dari bangsa ini adalah sifat kesadaran untuk berani jujur. kali ini gue ingin berpendapat tentang sesuatu yang dinamakan kejujuran. jadi, mulailah berfikir.



gue tau beberapa hal tentang kejujuran karena gue ini sering banget bohong.dan kebohongan itu menyadarkan gue bertapa pentingnya bersikap jujur (jujur gue ge ngerti tentang apa yang gue katakan, engga deng bo'ong). bersikap jujur itu penting dalam setiap aspek kehidupan, meski kehidupan kalian sedih, galau, merana, susah dan lain sebagainya yang membuat kalian merasa ingin showeran. bersikap jujur lah, minimal terhadap diri sendiri. walau bersikap jujur itu susah, kita harus berusaha untuk melakukannya. nyatanya, di negeri ini sangat jarang kita temukan orang jujur. oleh karena itu juga banyak pekerjaan yang lebih membutuhkan orang yang jujur dari pada orang yang pintar. menurut gue jujur itu lebih hebat daripada pintar. ketika kita memiliki sikap jujur, kita bisa mengaplikasikan sikap tersebut disegala bidang, namun kita sebagai manusia sejatinya memang tak akan bisa pandai dalam segala bidang. manusia hanya bisa pandai dalam beberapa bidang, yang kita tidak akan tahu atau menemukan bidang yang kita bakati tersebut jika kita membohongi diri sendiri. sebagai contoh seorang chris john tak mungkin pandai dalam hal ilmu komputer dan sebaliknya seorang bill gates akan terlihat lemah jika disuruh bertanding tinju.kita tidak bisa pandai dalam segala urusan tapi kita bisa jujur. kembali gue katakan bahwa jujur itu lebih hebat daripada pandai.


bersikap jujurlah walau itu sulit.sebenernya yang membuat itu sulit ya diri kita sendiri.



menurut gue kejujuran itu membuat kita bisa mengenali diri kita sendiri. contohnya: gue sebagai seorang pelajar saat ini biasa melaksanakan ujian. misalnya dalam ujian gue mencontek atau tidak jujur, sehingga gue dapat nilai yang bagus dalam semua mata pelajaran. nah, karna semua nilai gue dihiasi dengan kepalsuan. gue jadi kurang tau letak kekurangan gue dan kelebihan gue dimana. yang mana yang gue bisa dan yang mana yang gue ga bisa.ketidak tahuan tentang diri gue sendiri membuat gue bingung mau jalan ke arah mana kedepannya. itu sama aja gue ngebohongin diri sendiri. ngebohongin diri sendiri itu rugi bro, sama ruginya kaya ketika lu ke bali tapi lu ga kepantai. buat apa?!!!! 

mungkin dengan jujur nilai kita dimata sebagian orang akan menurun, tapi tidak dimata tuhan. tergantung kita maunya baik dimata tuhan apa baik dimata manusia.

gue heran, kenapa ni postingan jadi serius banget keliatannya, gapapa lah ya, yang baca jangan terlalu serius, tapi cobalah resapi, hehe -__-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar