Selasa, 17 Juli 2012

my six teen best birthday

hari itu, jum'at, 4 mei 2012, adalah hari ulang tahun gue yang ke 16. ya dikelas 2 SMA ini umur gue baru menginjak 16 tahun. biasanya gue adalah orang temuda diantara teman teman gue yang rata rata sudah berusia 17 tahun saat ini. dihari ketika umur gue sudah bulat berkurang 16 tahun itu, gue tidak berharap macam macam, gue cuma berharap Allah mengampuni dosa gue,
membukakan pintu maaf semua orang kepada gue kalo sekiranya gue punya salah, menyadarkan orang tua gue untuk membelikan handphone baru, mengetuh hati chloe moretz untuk memfollow back gue. aminn. sebuah harapan yang simpel dan tidak muluk muluk. dihari itu gue ga mau ada acara apa apa yang membuat orang orang disekitar gue kerepotan. gue menjalani hari jum'at itu dengan biasanya. tapi, seperti layaknya orang yang berulang tahun, gue selalu waspada terhadap kejutan ulang tahun yang mungkin diberikan beberapa orang yang menyadari keberadaan gue didunia.

disekolah juga banyak yang ngucapin selamat dan macem macem, gue BENCI sama diri gue yang terlalu kaku dan bego untuk merespon ucapan mereka. ada yang ngucapin dengan senang hati gue cuma mengangguk bilang ia dengan muka bodoh. sehingga gue nanya ke temen gue pepy.

"pep, cara ngerespon orang yang ngucapin ultah gimana si?"

"tolol lu, lu bilang aja 'makasih yaa' sambil senyum"

"ohiya" mengangguk dengan dongo nya.

setelah nanya pepy gue sudah mengalami kemajuan dalam merespon ucapan orang orang. tapi tetep aja kaku dan tegang. gue tuh orangnya emang begitu kalo sama orang yang kurang deket. kaku, tegang, berbulu. apalagi sama cewe cakep. *jangan difikirin*

ohiya, di istirahat kedua, sekitar jam 12 lewat, gue mendapat dispensasi untuk mengikuti turnamen futsal di SMAN 32 jakarta. jadi gue meninggalkan sekolah dan menuju ke tempat turnamen futsal di SMA yang tadi udah gue sebutin dan ga akan gue sebutin lagi walaupun kalian memaksa. hmmmmm, oke di SMAN 32 jakarta. saat itu ternyata bukan jadwal tim sekolah gue untuk bertanding, baru pembukaan dan pertandingan pembuka antara tuan rumah dan lawannya. setelah menonton pertandingan pembuka, gue langsuk ngacir kerumah untuk pulang.

diketahui bahwa hari itu adalah hari jum'at dan malamnya ada jadwal open mic stand up comedy namun untuk malem ini khusus ada audisi #streetcomedy2 yang gue ikuti karena gue udah daftar sebelumnya. sesampainya dirumah gue langsung menyusun materi untukaudisi stand up comedy nanti malam. gue menggunakan seluruh tenaga otak kerut gue untuk berfikir. sehingga sampai akhirnya dengkul gue merasa lelah dan perut gue lapar. gue berniat untuk membeli batagor didepan koplek dengan menaiki sepeda. gue berharap abang batagor ngasih kejutan ulang tahun kegue. tetapi setelah gue hitung hitung, jumlah batagor yang gue beli sama dengan jumlah batagor yang dia jual, sama sekali ga dilebihin, ehem, SAMA SEKALI GA DILEBIHIN . gila banget tuh abang batagor, ga tau apah dia kalo gue lagi ulang tahun. gue melampiaskan rasa kekesalan gue dengan menggeber motor kawasaki ninja 250 dengan penuh gairah dan gue dimarahin yang punya motor. setelah dimarahin gue langsung pulang dengan mengowes sepeda gue.

sesampainya didepan rumah gue terkejut mendapati bahwa ada seseorang yang berbincang dengan mba rum didepan rumah gue, ternyata dia adalah fauziah zahra dan kayanya nyariin gue. masih satu sekolah sama gue dan kelas XI ips 2. orangnya memiliki tinggi sekitar 160 cm, berpakaian casual, memakai jilbab dan berkaca mata. dan gue langsung menegurnya.

"ada apa zahra?" *sok ganteng*

"ini ada titipan kue ulang tahun dari temen gue"

"pasti si fanna ya?"

"iya kok tau?"

"iya yaudah sini, bilangin sama orangnya makasih ya"

"iya"

dia langsung pergi dan gue masuk kerumah.

si fanna satu SMP sama gue, ga pernah sekelas, cuma pernah duduk bareng pas ulangan semesteran kelas 1 SMP, yang saat itu tempat duduknya ditentukan oleh sekolahnya. si fanna ini katanya suka sama gue. padahal JUJUR, gue ga pernah kedukun buat pelet dia, mungkin dia udah memelet dirinya sendiri. yakali dah. gue bersyukur aja dengan perawakan sifat seperti ini masih ada yang suka, alhamdulillah.

..............

gue langsung meneruskan pekerjaan gue untuk menyusun materi didepan komputer yang sebenernya lebih banyak twitterannya dari pada nyusun materinya. untungnya hingga mendekati waktu magrib materinya sudah tersusun. gue langsung menggantengkan diri untuk solat magrib dimesjid dan pulang dari sholat magrib jadwalnya gue langsung harus cabut ke coffee toffee bintaro sektor 1 tempat diadakannya audisi #streetcomedy2 regional bintaro tangerang serpong (pake r) dianterin dan didukung oleh kakak gue.

sepulang sholat magrib gue menuju rumah dengan jalan kaki bersama temen gue bernama barley dan somi. barley orangnya gemuk subur, pendek bantet, rambutnya keriting, diubun ubunnya telihat mulai ada kerontokan rambut padahal masih muda, wajahnya hampir selalu ceria, betisnya sebesar talas bogor, sedangkan si somi memiliki badan yang kurus, berkulit putih dan rambut warna hitam yang diubun ubunya juga terlihat mengalami kerontokan di usia muda karena jika kita bandingkan dengan rambut sekitarnya akan tampak lebih tipis dan kulit kepalanya kelihatan samar samar.

gue pulang solat magrib bersama mereka, ohiya, gue mengajak mereka buat ikut ke audisi stand up comedi, sebagai joki ketawa suka rela. dalam perjalanan kita mampir kerumah nurhadi untuk ngobrol ngobrol sebentar dan mengajaknya untuk jadi joki ketawa. namun dari ketiga temen itu cuma somi yang mau. setelah lama mengobrol gue memutuskuan untuk pulang duluan karena mereka masih pada mau ngobrol sedangkan gue ditunggu kakak gue untuk pergi ke audisi stand up comedy. gue pulang dengan berlari lari kecil dari rumah nurhadi ke rumah gue yang jaraknya sekitar 100 meter.

sampai rumah gue agak ngos ngosan.

"assalamualaikum"

"waalaikumsalam" kakak gue menjawab sambil memasak sesuatu didapur dan dia belom siap untuk pergi karena masih memakai daster hijau kembang kembang.

"lah lu kok belom siap si?!!!" bentak gue dengan marah.

"iya bentar, gue lagi masak abis ini gue langsung siap siap, udah lu cek mobil dulu sana"

"GA PAKE KELAMAAN DANDAN YA"

""iya deh"

gue langsung ngecek mobil di garasi, entah kenapa dia nyuruh gue ngecek dan ga tau kenapa gue mau gitu. dari dapur ke garasi melewati ruang tamu. saat itu gue buru buru banget. karena audisi mulai jam 7 dan sekitar setengah jam dari ciledug kalo ga macet.

gue berjalan terburu buru ke garasi dan

"HAPPY BIRTHDAY TO YOU" sekelompok anak edan berteriak dari ruang tamu.

*GUE LOMPAT TERKEJUT, JUJUR GUE KAGET BANGET, DAN SESAAT GUE JADI GENTENG* *hanya sesaat :"( *

gue shock banget, ga bisa berhenti nyengir higga beberapa menit saking kagetnya dan bahagia, dan mereka juga malah ketawa ketiwi ngeliat gue yang shock banget sampe teriak kaget dan loncat. gue ga nyangka mereka bisa masuk kerumah gue ngelewatin keluarga gue yang galak galak dan stay diruang tamu. bener bener ga kepikiran sama gue.

mereka terangkul dalam satu perkumpulan yang bernama BTC (bike to cheers). suatu kelompok persepedaan yang lebih banyak makan makannya daripada gowesnya. yang saat itu datang kerumah terdiri dari bertrand, legowo, nanuril, dinda, dwi, ijah dan ayunda. gue ga tau apa motif nya mereka mau melakukan hal yang awesome ini kepada gue. oiya, mereka juga memberikan kado yang berupa tas futsal. :D mereka juga membawakan kuehhh ulang tahun kepada guee.

sambil menunggu kakak gue bersiap siap, ibu gue memberikan mereka, beberapa cemilan yang ada. dan sambil nunggu kakak gue juga gue mau nunjukin beberapa foto foto kejadian saat itu.

gue lagi shock


masih shock dan ga bisa berhenti nyengir


kue ulang tahun, yang dibikin dari wafer yang dilumuri lumpur coklat. lilinnya diambil dari kue ulang tahun anggota btc sebelumnya.


farah quinn *eh


gue sama bertrand, gue masih shock dan ga bisa mingkem



dinda ngasih kado ke gue


*dari kiri kekanan*
ijah, ayunda, rifki bawel, dinda, dwi


dude harlino (yang pake kacamata) dan sujono
INI DIMANA?!!! *lupakan*

disaat mereka lagi makan cemilan yang diberikan oleh ibu gue. tiba tiba nurhadi, somi dan barley muncul dari dalam hidung legowo. ternyata dia udah tau rencana ini sebelumnya. pantesan dia nyuruh gue pulang duluan pas dirumah nurhadi. 

........


ketika kakak gue siap, gue juga siap untuk berangkat menuju coffee toffee, gue mengajak mereka semua untuk ikut kesana. hampir semua nya ikut kecuali nurhadi sama dwi. kita semua langsung saja pamit berangkat sama ibu lalu naik ke mobil untuk langsung pergi. jadi total yang ikut ada 10 orang, yaitu kakak gue dan ijah duduk didepan, gue, bertrand, dinda ayunda, duduk ditengah sedangkan barley nanuril legowo dan somi duduk dibelakang.

diperjalanan kami mengalami kemacetan panjang yang diakibatkan karena adanya cuci gudang sandal dan sepatu. dalam kemacetan gue dan teman teman gue saling bercanda dan bercerita. gue rasa itu membuat kakak gue geram, namun ia tetap menjaga kesabarannya hingga perjalanan usai dan kami sampai di tujuan. ternyata si ayunda cuma bisa ikut perjalanan dan ga bisa nonton acara audisi stand up karena suatu hal. jadi dia sudah janjian di cafe tersebut untuk di jemput oleh pacarnya yang bernama andit. jadi dia pulang duluan deh.

kita semua langsung masuk dan ternyata suasananya ramai sekali. kita ga kebagian tempat duduk dilantai bawah, jadi kita mengambil tempat kongko di lantai 2 nya. 

selain ada 20 comic yang mengikuti audisi juga terdapat banyak penonton. acara audisi stand up comedy street 2 regional bintaro tangerang selatan dan serpong (pake r) ini dibawakan oleh @dim_zy dan @NDIGUN dengan meriah sebagai MC. audisi ini di jurikan oleh comic senior yaitu sammy dp / @notaslimboy dan arif didu @ariefdidu. gue berada dalam nomor urut ke 8. banyak comic comic yang bagus mengikuti audisi ini. 

.......

"selanjutnya, ojan" sahut dim_zy

gue maju dengan kemampuan sedadanya dan materi yang gue apalin di kamar mandi cafe tersebut. 

"asalamualaikum nama gue fauzan, bla bla bla skip"



ya begitulah. penampilan gue cukup mengundang tawa dan bagus walaupun berantakan banget susunan tekhnik dalam materinya. tapi lucu kok, apalagi pada saat gue ngerifing si @NDIGUN meskipun tetep ada garingnya yang membuat penampilan itu kurang banget. tapi apakah secara keseluruhan penampilan gue udah bisa diterima. tunggu pengumumannya di akhir acara.

sebelum pengumuman, gue dipanggil kembali ke panggung oleh MC tentang pengumuman, bukan pengumuman yang menyatakan gue lolos audisi tapi pengumuman bahwa gue sedang ulang tahun hari itu. wahhh sial. ternyata kakak gue udah mnyebarkan hal tersebut lewat twitter. yaudah deh, dengan pasrah gue memenuhi panggilan itu untuk segera ke panggung.

di panggung kayu yang hanya setinggi satu jengkal ini. gue disuruh naik cuma karena mereka mau ngucapin ulang tahun. disitu terjadi perbincangan antara gue dan MC.

"ojan selamat ulang tahun ya"

"iya makasih ya" malu malu kucing.

"ulang tahun yang keberapa?"

"yang ke enam belas tahun" malu malu anjing.

"wah udah mimpi basah belom?"

"gue mah mimpi basah udah dari kelas 2 sd" malu malu onta anggora.

"ihh kan udah dibilangin jangan ke cafe make sendal" ndigun said.

*nyengir nyrengir ganteng*

ditengah tengah perbincangan, tiba tiba dari belakang comic yang bernama @liongkytan menyiram kepala gue dengan air yang ia tampung si botol air mineral. alhasil kepala gue basah dan air agak membeceki panggung. setelah itu mereka menyuruh gue kembali ke tempat asal. sebelum kembali, si sammy dan arief diddu menyalami gue dan mengucapkan selamat ulang tahun. kemudian gue kembali dan pengumuman peserta yang lolos pun dimulai.

sammy menaiki panggung dan bersiap untuk melontarkan pengumuman.

"baik, langsung aja, gue akan kasih tau peserta yang sekiranya bisa melanjutkan ke tahap yang selanjutnya. yang belom lanjut jangan nyerah. kalian bukannya ga bagus tapi kurang lucu aja. bagi yang ga ke pilih juga bisa mengikuti lagi audisi di kota yang lain. langsung saja comic yang pertama lolos arya sutarya, liongky, bintangbete, david, keling, bata, dll"

udah, nama gue ga ada, dan udah gue duga. tapi itu ga membuat gue sedih, dan sepertinya gue ga kepilih gara gara gue make sendal ke cafe. lagian gue juga ga terlalu antusias banget mengikutinya, gue sebenernya pengen latihan openmic waktu itu, eh ternyata ada audisi, ya gue ikut aja dan hasilnya zonkkkk, dan gue kembali pulang bersama teman teman dengan riang gembira.

gue ga pernah menyangka ulang tahun gue bakalan segini bagusnya, ada kenangannya, ada ceritanya, ada hadiahnya, ada kue nya, ada kejutan yang sangat mengejutkan dan lainnya. gue kira ulang tahun yang ini bakal biasa aja seperti 15 tahun sebelumnya. tapi kenyataannya sangat membuat gue senang.

semoga gue juga bisa berbagi kebahagiaan gue dengan postingan ini. :D


catatan kaki:

sammy d.p. (@notaslimboy)


arief didu (@ariefdiddu)


@NDIGUN


@dim_zy


@liongkytan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar