Sabtu, 21 Desember 2013

Cerita Mahasiswa Baru Teknik Mesin #AskFauzanRS

Gak kerasa saat ini sudah hampir satu semester menjadi mahasiswa baru teknik mesin di Universitas Brawijaya. walaupun baru sebentar, setidaknya gue sudah punya sedikit hal untuk diceritakan.

Teknik mesin itu adalah teknik yang paling banyak diisi oleh laki-laki. perbandingan antara jumlah perempuan dan laki-laki di sini bisa mencampai angka 1 : 20. perempuan adalah makhluk yang sangat langka di teknik mesin. sehingga perempuan-perempuan yang berada di teknik mesin hanya merupakan perempuan-perempuan yang tangguh saja. hehe


teknik mesin adalah teknik yang paling keras diantara teknik lainnya. kita dilatih untuk menumbuhkan mental, kecepatan berfikir dibawah tekanan, dan sifat lainnya yang mendukung kita dalam pembentukan karakter sebagai mahasiswa teknik mesin dan mechanical engineer.


Pembinaan maba teknik mesin di UB (y)
ketika pembinaan, kita diteriaki lebih keras (oleh senior) daripada maba (mahasiswa baru) lainnya, dibotaki lebih botak, diberi aturan lebih ketat, dilatih kebersamaan yang lebih kuat, diberi tekanan lebih besar, dilatih berfikir logis, menaruh keberanian pada tempatnya dan lain sebagainya. terkadang kita merasa bahwa senior kita hanya menyiksa kita dan menjadikan kita sebagai ladang balas dendam padahal apabila kita mau sedikit saja berfikir dan mengerti esensi mereka dalam melakukan pembinaan dan memperhatikan cara-cara mereka, maka kita akan tau bahwa pembinaan yang mereka lakukan itu sudah tersistematis sempurna dan sesuai standar pembinaan untuk membentuk karakter mahasiswa baru teknik mesin agar sesuai dengan profesi dan masalah-masalah yang akan kita hadapi nantinya. kalo menurut gue, ini adalah pembinaan atau ospek yang sangat bagus, tidak seperti ospek-ospek kacangan yang hanya sebagai ladang balas dendam para senior. karena dalam pembinaan ini para senior yang membina kita diawasi oleh lembaga kemahasiswaan dan para dosen pengurus. gue berharap pembinaan/ospek maba teknik di UB bisa dicontoh oleh universitas lain.

hal yang paling menyiksa saat pembinaan adalah ketika dalam pelaksanaan pembinaan ada beberapa senior menyelipkan guyonan ditengah-tengah ketegasannya dan kita dilarang keras untuk ketawa. hahaha. pada akhirnya kita hanya bisa mentertawakan guyonan-guyonan itu diluar pembinaan. semua itu akan sangat seru, karena kita melewatinya bersama-sama dengan teman satu angkatan.



Mechanical engineering atau teknik mesin, itu umumnya mempelajari ilmu yang berkaitan dengan mekanika atau fungsi dan keperluan khusus dalam pelaksanaan mesin. Jurusan Teknik Mesin di setiap Universitas memiliki cara yang berbeda dalam membentuk karakter mahasiswa menjadi orang yang ahli dalam bidang mesin (mechanical engineer). karena urutan mata kuliah yang diberikan di setiap universitas itu tidak mungkin sama. Tapi itu tidak membuat level kemampuan lulusan dari setiap universitas itu berbeda. lulusan teknik mesin di dua universitas yang berbeda itu akan memiliki level kemampuan yang hampir sama, selama di kedua universitas tersebut memiliki jurusan teknik mesin dengan akreditasi yang sama.yang membedakan lulusan teknik mesin dari universitas yang  berbeda namun memiliki akreditasi yang sama itu hanya karakternya. lulusan teknik mesin dari setiap universitas memiliki karakter yang berbeda-beda. sama seperti setiap perusahaan yang memerlukan tenaga kerja dengan karakter yang berbeda-beda. Lulusan teknik mesin tuh prospek kerjanya luas buanget, tinggal kita yang milih deh mau kerjanya dibidang industri apa.

Kalo di UB, semester pertama gue dapet 7 mata kuliah dengan bobot 20 sks. mata kuliahnya yaitu Kimia dasar, fisika 1, kalkulus, material teknik, gambar teknik, agama islam, english (introduction of mechanical engineering). sebagian masih mengulang pelajaran yang ada di SMA, bedanya kalo di SMA kita dilatih menghafal rumus dan mengerjakan soal, kalo di kuliah kita dilatih untuk memahami konsep dan lanjut ke materi selanjutnya. dan itu sungguh menyulitkan bagi gue, hehe karena sayangnya gue udah lupa sebagian banyak ilmu-ilmu di SMA. mungkin karena saking lamanya libur haha -__- . dari ketujuh mata kuliah hanya ada 2 mata kuliah yang keliatannya baru, yaitu material teknik dan gambar teknik.

1. Material teknik
mempelajari tentang jenis-jenis material, sifat-sifatnya dan cara pembuatannya. material yang dibahas dalam teknik mesin yaitu logam, komposit, polimer dan keramik. di mata kuliah ini akan ada banyak bacaan, gambar, dan diagram dan sedikit hitung-hitungan.



2. Gambar teknik
mempelajari tentang bagaimana caranya menggambar dan pemahaman terhadap konsep menggambar. dalam menggambar teknik kita memerlukan ketelitian, keuletan, kesaabaran, imajinasi dan kemampuan yang baik dalam memahami suatu gambar.


mungkin saat ini hanya segitu yang bisa gue sharing, gue itungannya masih baru jadi mahasiswa teknik mesin hehe, masih banyak hal seru dan ilmu-ilmu keren yang belom gue rasain disini. semoga gue bisa merasakannya dan menjalaninya dengan lancar, aminn...

FYI
Di Amerika, mechanical engineer jadi Career Builder Top Jobs of 2013.

CMIIW
postingan ini dibuat berdasarkan request dari @Lutvitria
#AskFauzanRS

baca yang ini juga doongg, cerita perjuangan saya masuk PTN: http://fauzanrumahsakit.blogspot.co.id/2013/08/my-exam-entrance-story.html

FOLLOW MY IG: @FAUZAN612

74 komentar:

  1. Salam Solidarity Forever ,
    saya dari T. Mesin 13 UNDIP , sama gan 100% seperti ditempat kita emang unik dan beda kehidupan di mesin pengajaran awal dri senior ke maba kita dilatih keras baik mental maupun cara berfikir kita untuk membentuk karakter yg lebih baik bukan untuk ajang dendam gak seperti teknik lain haha.

    BalasHapus
  2. assalam mualaikum teman
    saya mau bertanya, saya tamat sma tahun ini rencananya mau lanjutkan teknik mesin juga, tapi saya belum pernah bekerja otomotif sedikitpun tapi kalau cuman pasang baut dan ganti oli bisa, sebenarnya pas saya mau masuk SMA saya ingin masuk SMK, tetapi sayang tidak lulus, dan akhirnya masuk SMA saja tapi jurusan IPS, menurut agan, untuk anak ips jurusan teknik mesin ini akan lebih cendrung susah diapahamin ga?
    mohon jawabanya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam,
      perlu ditekankan didunia ini ga ada ayang gampang, dan ga ada juga yang ga mungkin kalo Allah berkehendak, jadi kalo mau kuliah teknik mesin ya insyaallah bisa kalo mau berusaha,
      kalo di negeri, ente minimal bisa masuk dulu, kalo kmampuan ente udah terseleksi insyaallah bisa ngejalaninnya, kalo di swasta ane ga jamin
      perlu ditekankan lagi kalo kuliah teknik mesin itu bukan belajar bongkar pasang baut atau ganti oli, tapi masalah analisis fisika dan matematika, jadi persiapkanlah :)

      Hapus
    2. saya ga bisa jamin karena tiap univ swasta itu kan beda beda sistemnya, sistem seleksinya ada yang bagus, ada juga yang kurang bagus, beda sama negeri sistem seleksinya sama satu indonesia. cmiiw

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. assalamuallaikum kak :), boleh tanya" ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh, nanya apa?
      maaf telat, jarang buka blog soalnya

      Hapus
  6. gan mau nanya mohon dijawab, diangkatan agan ada ga mahasiswa teknik mesin yang bertubuh pendek?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada beberapa, dan gak ada masalah terkait itu

      Hapus
  7. Gan ma tanya, kalo prospek kerja.nya nanti lebih mendukung yang dari PTN atau PTS padahal akreditasi jusuran.nya sama itu perusahaan yang membutuh kan teknik mesin bakalan milih yang mana PTN atau PTS?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya persaingan didunia kerja itu yang dinilai kemampuan personalnya. kalo misalnya kamu dari pts tp kamu bisa lebih pintar, komunikatif dan lebih cekatan dalam bekerja drpd yang dari ptn, jelas kamu yang dipilih. TAPI tidak bisa dipungkiri kalo didunia kerja ada penilaian diskriminatif terhadap pts. contoh ketika kita melihat bbrp syarat2 lowongan kerja yang saya rasa sangat diskriminatif terhadap pts. yang berbunyi:

      -memiliki ipk min 3.00 untuk PTN dan 3.50 untuk PTS
      atau
      -berasal dari PTN dengan akreditasi A
      atau yang paling diskriminatif yaitu
      -hanya menerima lulusan dari ITB, UI, UGM, ITS, UB

      kenapa perusahaan bisa seperti itu. mungkin disebabkan dari beberapa hal yaitu;
      -mereka tau kalo orang2 di PTN itu adalah orang2 yang sudah terseleksi. seleksi untuk mencari kerja kadang jauh lebih susah daripada seleksi masuk ptn. apalagi kalo kita ngelamar diperusahaan tambang multinational.
      -mereka tau kalo lingkungan di PTN itu lebih kompetitif, sehingga lulusannya "rata-rata" lebih berkualitas.
      -mereka berpengalaman bekerja sama dengan lulusan2 dari perguruan tinggi tertentu sehingga mereka tau kualitas rata2 lulusannya

      sekian, CMIIW

      Hapus
  8. Gan.mau tanya'?... agan pertama masuk di Unibraw lewat jalur apa ?.. Bidikmisi.kah

    BalasHapus
    Balasan
    1. SBMPTN, bidikmisi itu bukan jalur masuk, itu beasiswa, lebih lengkapnya baca ini http://fauzanrumahsakit.blogspot.co.id/2013/08/my-exam-entrance-story.html

      Hapus
  9. mau nanya ni .... apa bener anak teknik mesin harus bisa fisika dan matematika .... atau tidak harus bisa fisika dan matematika ....saya bingung soalnya saya tidak suka dengan pelajaran fisika dan matematika....
    mohon d jelaskan mas...biar saya tidak ragu untuk milih teknik mesin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus bisa :))
      kalo tidak suka ya jangan dipaksakan, banyak kok yang awalnya masuk teknik mesin karena tidak cocok lalu memilih untuk pindah jurusan (nyoba test lagi)

      atau cobalah untuk menyukai matematika dan fisika, terkadang kita gak suka karena gak bisa, dan kita gak bisa karena kurang latihan.

      inget witing tresno jalaran soko kulino hehe :))

      Hapus
  10. mas anak smk bisa toh masuk universitas negri maupun swasta .... ??

    BalasHapus
  11. Mas ,, aku pengen masuk ub teknik mesin tp aku dari siswa MA.. Puluangnya gmn?,, tolong di jawab

    BalasHapus
  12. Mas ,, aku pengen masuk ub teknik mesin tp aku dari siswa MA.. Puluangnya gmn?,, tolong di jawab

    BalasHapus
  13. Mas ,, aku pengen masuk ub teknik mesin tp aku dari siswa MA.. Puluangnya gmn?,, tolong di jawab

    BalasHapus
  14. Mas ,, aku pengen masuk ub teknik mesin tp aku dari siswa MA.. Puluangnya gmn?,, tolong di jawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. peluangnya sama aja
      peluang masuknya besar kalo kamu giat belajar kecil kalo gak belajar hehe :)

      Hapus
  15. semoga nyusul masuk teknik mesin
    keren mas ceritamu
    thanks

    BalasHapus
  16. gan mau tanya, dulu keterima di ub lewat snmptn ya? kalo iya nilai rata2 rapotnya berapa gan? ane cum 82,60 mau masuk teknik mesin bisa gak gan? ane suka banget sama fisika dan alhamdulillah nilai ane ngedongkrak dari pelajaran itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya dulu dari sbmptn, bisa dilihat ceritanya disini http://fauzanrumahsakit.blogspot.co.id/2013/08/my-exam-entrance-story.html
      insyaallah bisa, tergantung mau masuk univ mana, nah cocok banget tuh bagi orang yang suka fisika :)

      Hapus
  17. Haha gak separah gitu juga kali bro , kalo pengalaman gua di perusahaan sih sama PTS dan PTN itu disamakan ketentuannya dari persyaratan minimal akreditasi nya misal B untuk IPK sih disamain aja misal ketentuannya 2,75 diperusahaan tersebut ya PTN maupun PTS sama aja cuma mungkin pada saat test ujian nya PTN lebih di utamakan, itusih pengalaman gua di PT. Krakatau Steel (persero) Tbk. dan buat yang punya blog ini SALAM SOLVER MAN , SOLIDARITY FOREVER dari gua sendiri MESIN S-1 ITN MALANG.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, makasih share pengalamannya ya sam. :))

      Hapus
    2. yoi bro ... jadilah mahasiswa mesin yang cerdas yo. saling membantu sesama mahasiswa Mesin lainnya. SOLIDARITY FOREVER, kita kuat karena SOLID (Bersatu)

      Hapus
    3. Untuk menjadi bahan pencerahan, memang PTN lebih dimudahkan, sering memiliki besaran fee yg lebih besar dalam posisi yg selevel, selain itu Lulusan PTN lebih besar memiliki harapan meraih posisi middle managemen hingga top manajemen karena bentuk perkuliahan di PTN yg penuh dengan pelatihan kejar tayang. Berjuang meraih kursi PTN untuk masa depan yg lebih baik sangat perlu diperjuangkan. Salam SOLIDARITY FOREVER.

      Hapus
  18. Memang keren teknik mesin semoga busa masuk ub salam smk teknik mesin

    BalasHapus
  19. mas saya dari pts di serpong berbagi ilmu praktikum prestasi mesin dong, seperti cara membaca psychrometric chart..atau pembuatan laporan pompa sentrifugal dan motor bakar

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo praktikum mesin prestasi fluida biasanya pengaruh variasi katup thd karakteristik mesin. coba download modul praktikum mesin fluida ub di google

      Hapus
  20. Saya anak ips nih mas mau nanya yah gimana pembelajran matematikanya dan fisikanya apakah susah atau lumayan mas mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. susah kalo belum kuasai basicnya di SMA :)

      Hapus
    2. gw mau nanya itu fisikanya yg kita perlu basicnya atau kita harus mendalami betul betul fisika?

      Hapus
    3. fisika di SMA itu basicnya untuk di kuliah sini, walaupun ga semua. jadi temodinamika, kinematika, mekanika fluida yang level sma nya minimal harus udah paham

      Hapus
  21. Salam knal bang, saya adji siswa ipa dri bengkulu.
    Bang fauzan, saya rencana sbmptn
    nanti mau pilih t.mesin ub. Tapi kata temen2 ku t.mesin itu lulus nya lama. Bener nggk tuh? Rata2 di UB brpa lama lulusny bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo untuk teknik mesin UB itu rata2 waktu lulusnya sekitar 4-4.5 tahun. tapi itu itungannya termasuk yang cepet daripada teknik mesin di ptn2 lain.

      semoga bermanfaat.

      Hapus
  22. salam kenal mas. alhamdulillah masuk t.mesin ub jalur snm 2016 :D

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. Assalamualaikum, kak. Bagi pengalaman nya dong, gimana cara kaka dulu pas waktu mengalami kesulitan tentang konsep yang di berikan dosen T.Mesin. Kan kita juga engga mungkin terlalu cerewet ke dosen.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam, kalo aku sih tulis aja dulu apa yang diterangin, nanti di pelajari ulang lagi dikosan, klo masih gak ngerti tanya temen yang ngerti :) tapi alhamdulillah ada aja dosen yang masih bisa dicerewetin (tanyainn berlarut-larut) kalo kita emang belom ngerti.

      Hapus
  25. Assalamu'alaikum
    Kaka mau tanya, kalau misa maumasu ub lewat ptn iu gimana? Aa tips tips nya apa gitu? Soalny saya engga ada sertifikat ygbersagkuta dengan jurusan saya, karena lebih aktif di organisasi daripada dimapel jurusan, dan kebetulan saya juga smk mesin mau lanjut. Minta sarannya ya kak, makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam, caranya itu ucapkan bismillah, berdoa pada Allah, latihan soal sbmptn sehari minimal 20 soal selama 3 bulan, istiqomah usahanya kalo bisa lebih tambah bagus, ikut try out, insyaallah keterima dengan mudah.

      Hapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  27. misi mau nanya bro kenapa dulu lebih memilih t.mesin unibraw dibandingkan t.mesin undip? thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. pertama, waktu tahun 2013 ub itu ranking 4 perguruan terbaik se indonesia, ub juga lebih tua drpd undip umur kampusnya insyaallah lebih matang.
      kedua, prestasi mobil listrik UB udah sampe tingkat internasional waktu itu drpd undip yg belum
      ketiga, suasana kuliah di ub malang lebih sejuk daripada undip smarang:)
      dan Alhamdulillah pilihan saya tepat kala itu, saya bisa berprestasi disini hehehe (y)

      Hapus
  28. Perkenalkan nama saya muhammad iqbal,saya teknik mesin dari politeknik caltex riau. Politeknik caltex riau adalah politeknik swasta nomor 1 di indonesia, dan nomor 10 kalau di gabungkan dengan politeknik negeri.ayo gabung ke teknik mesin politeknik caltex riau.ini nmr saya 082226736904

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebelum daftar politeknik harus baca tulisan saya tentang pilih d3 atau s1 hehehe

      Hapus
  29. Assalamualaikum, mas.
    Pengalamannya keren sekali dan sangat memotivasi.
    Saya mau tanya sedikit nih mas tentang syarat masuk teknik mesin. Saya berasal dari SMK jurusan Mulrimedia dan saya sangat tertarik untuk kuliah di jurusan Teknik Mesin, di jurusan saya ini ada pelajaran Fisika dan Matematika Teknik. Tapi saya bingung, apa saya bisa masuk ke jurusan Teknik Mesin?
    Mohon dijawab ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam
      ilmu yang paling kepake di teknik mesin itu ya matematika (logika) dan fisika, kalo kamu bisa itu insyaallah lancar lebih baik lagi kalo kamu juga punya kemampuan bahasa inggris. soalnya beberapa referensi menggunakan bahasa inggris. saran saya untuk yang pgn masuk teknik mesin ptn difokuskan untuk belajar sbmptn dulu ajaa, kalo udah keterima insyaallah didalemnya semua belajar dari awal, bisa diusahakan pokoknya

      Hapus
  30. tahun ini saya lulus dari SMA dan ingin msk T.Mesin UNBRAW. tapi ada 1 masalah yang terus saya pikirkan. saya ini menderita sakit yang mengharuskan saya tidak boleh terlalu lelah. entah kpn sembuhnya. apakah menurut mas, saya msh cocok di T.Mesin? karena melewati ospeknya saja saya pasti aan kewalahan. Sebenarnya saya jg tidak yakin sanggup kuliah atau tidak karena saya tau kuliah itu pasti akan sangat melelahkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo cocok ga cocok saya gatau, soalnya menurut saya itu masalah passion bukan fisik. nah kalo untuk yg fisiknya lemah, sebenernya masih bisa kok dengan membatasi kegiatannya, jangan diikuti semua, yg wajib2 aja, itu ga capek kok, di mesin juga ada perempuannya dan mereka fine2 aja. semoga penyakitnya cepet sembuh yaaa

      Hapus
  31. mas saya mau bertanya.
    saya sekarang baru mau lulus 2017, saya sekolah awalnya di smk jurusan TKJ (komputer) apakah susah kah saya melanjutkan ke jurusan T.mesin? pelajaran fisika saya hanya selama kelas 1&2 saja, kelas 3 tidak ada fisika. apakah sulitkah untuk di jurusan mesin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jujur, itu bakal sulit sih,tapi bukan berarti ga mungkin, kalo ada kemauan pasti ada jalan :)

      Hapus
  32. mas angkatan berapa ? aku lagi nyari orang dia anak teknik mesin mas angkatan 2015

    BalasHapus
  33. Asaalamu'alaikum, permisi kak saya mau bertanya, apakah di Teknik mesin UB ada program alih jenjang D3-S1,

    BalasHapus
  34. Asaalamu'alaikum, permisi kak saya mau bertanya, apakah di Teknik mesin UB ada program alih jenjang D3-S1,

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam warohmatullahi wabarokatuh. ada, coba cari infonya di teknik.ub.ac.id atau mesin.ub.ac.id

      Hapus
  35. salam solidarity forever dr saya mesin universitas lampung gan hhe

    BalasHapus
  36. Bang , bisa minta no nya gak ??

    BalasHapus
  37. Mas, saya mau tanya nih. Saya kan di terima di UMY jurusan teknik mesin D3, tapi saya dari ips mas. Saya belajar fisika dlu cuma wktu kls 1 aja soalnya saya kenak kurikulum 2013. Dan saya agak kurang suka fisika :( saya takut mas, kira² pelajaran teknik mesin bisa gk buat ank ips? Dan payah banget gk mas pelajarannya?

    BalasHapus
  38. Mas, saya mau tanya nih. Saya kan di terima di UMY jurusan teknik mesin D3, tapi saya dari ips mas. Saya belajar fisika dlu cuma wktu kls 1 aja soalnya saya kenak kurikulum 2013. Dan saya agak kurang suka fisika :( saya takut mas, kira² pelajaran teknik mesin bisa gk buat ank ips? Dan payah banget gk mas pelajarannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo untuk S1 aku jamin kamu bakalan keberatan banget soalnya belajarnya sangat teoritis, tapi kalo untuk d3 aku kurang tau, d3 byk prakteknmya,mungkin sama sama berat, tapi asal km bisa handel handel prakteknya sih ga masalah.

      Hapus
  39. saya dari ptn teknik mesin...hehe paling susah saya dinamika dan kinematika... kalau ngulang cuma teknik pengaturan...kalau anda matkul tersusah dipahami alias ga nyatol diotak apa? wkwk

    BalasHapus
  40. Hahaha banyak lah yang susah, dinamika, mekanika kekuatan bahanπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  41. halo bang, mau cerita sedikit jadi saya seumur hidup gapernah ngerasain diospek atau mungkin ditatar yang keras. tapi saya suka ilmu fisika yang berkaitan dgn mesin. jadi apakah untuk org yang bisa dibilang “mental tempe” itu bakal kuat ga bang ngejalanin ospeknya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sulit kalo mentalnya ga kuat, tp jgn putus asa karena mental itu bisa ditumbuhkan, salah satunya dengan ospek, dan terus diberi pressure seperti tugas deadline,dsb. Di kuliah menumbuhkan mental lebih mudah karena banyak temannya. Sarana latihan yg tepat untuk persiapan menghadapi dunia kerja yg sesungguhnya, semangattt

      Hapus