Jumat, 22 Desember 2017

PENGALAMAN CARI KERJA FRESH GRADUATE

PENGALAMAN CARI KERJA FRESH GRADUATE
Sebelumnya gue mau kasih tau kalo postingan ini agak panjang, jadi dicicil aja bacanya, pelan pelan sambil nyeruput kopi. Bagi yang belom tau, nama gue fauzan rahmat shiddiq dan lulusan teknik mesin universitas brawijaya. Udah lama banget sejak gue menulis di blog ini. Dulu masa-masanya gue sering nulis saat akhir SMA dan awal tahun kuliah. Itu sekitar empat tahun yang lalu. Alhamdulillah sekarang gue lulus. Seperti postingan gue saat SMA dulu, setelah lulus nama gue ada tambahan gelarnya jadi Fauzan Rahmat Shiddiq ST. Dulu saat SMA gue ngeliatnya sih keren banget nih gelar, nah sekarang pas udah dapetin ya biasa aja kayanya, soalnya tanggung jawabnya lebih besar daripada pleasure nya, dari sini dapat disimpulkan bahwa keren gak keren nya sesuatu tergantung dari sudut pandang. Ditambah lagi kata orang dunia keras yang sesungguhnya udah menanti didepan mata, yap dunia kerja.


Sayang banget gue lama vacuum untuk nulis cerita di blog ini padahal kehidupan gue di kuliah lumayan seru dan banyak hal yang sebenernya bisa gue ceritakan seperti gimana gue di OSPEK di Teknik Mesin, gimana gue menjalankan organisasi dan kepanitiaan, gimana gue ngikut beberapa lomba di pulau yang beda-beda (maap cuma ini yang bisa gue banggain pas kuliah), gimana gue kuliah, gimana gue kerja praktek, suka duka skripsian, dan masih banyak lagi, banyak kekecewaan dan kebahagiaan yang bisa gue ceritakan yang skarang masih gue simpan. Yang beda dari kehidupan gue ya gue ga ada cerita cinta-cintaan selama kuliah, Duh semoga ada kesempatan untuk menceritakan itu semua lewat tulisan, semoga gue ga lupa, impossible !!!
Nah, saat mulai nulis post ini gue udah lulus dan resmi jadi beban negara, yoiii, pengangguran, atau lebih tepatnya jobseeker sih. Sumpahhh, jadi jobseeker adalah status yang bikin capek fisik, capek mental, capek pikiran, capek dompet, capek semuamuanyaa, yang lu butuhkan Cuma satu, yaitu sabar. Kenapa bisa begitu, karena menjadi jobseeker lu harus mengorbankan waktu uang dan fisik untuk mobilitas yang amat tinggi. Nih lu bisa bayangin jadwal gue dari gambar berikut, dan semuanya itu (pindah-pindah kota) gue lakuin dengan kendaraan darat kaya kereta bus motor. Kenapa gue ga naik pesawat? Karena gue sadar diri kalo gue ini masih dalam masa-masa susah, jadi nikmatin aja. Nb: ga punya uang.


[GAMBAR MOBILITAS JOBSEEKER]
Disamping itu pertanyaan-pertanyaan biasa dari orang sekitar sering kali menjadi pertanyaan yang bertekanan besar. Seperti sekarang kerja dimana? Gimana tesnya kemarin? Sebenarnya tekanan dari pertanyaan itu gak gede sih, Cuma guenya aja yang melemah, maklum orang yang sering gagal tes sana-sini cukup sensitif. Akan ada waktunya dimana gue bisa jawab pertanyaan  itu dengan lantang. Bahkan ketika gue udah dapet tempat kerja cocok mereka gak tanya pun bakal gue jawab hahahaha
Langsung aja disini mungkin gue mau cerita tentang setelah lulus, dan selama menyandang status jobseeker gue udah ngapain aja sih, atau lebih tepatnya udah ngelamar dimana aja sih. Sebelum lulus gue udah iseng-iseng ngirim berkas lamaran ke beberapa tempat.
Oiya sebelumnya gue buat daftar isi dulu aja dah bagi buat yang males baca semuanya dan hanya ingin baca perusahaan tertentu aja, gila baik banget ya gue. Tp gue saranin sih baca semuanya.
1. PT. Kaltim Parna Industri
2. PT. Pertamina
3. PT. Adaro Energy
4. PT. Pembangunan Jaya Ancol
5. PT. Sayap Mas Utama (Wings Group)
6. PT. South Pasific Viscose


Langsung aja !!!
1.       PT.Kaltim Parna Industri (Reliability Engineer)
Setelah lulus terus gue liburan bentar, balik ke tangerang, lebaran idul fitri, nah gak lama setelah lebaran ada email kalo gue lulus tahap berkas dan disuruh tes di itb, berarti gue dari tangerang langsung berangkat ke bandung sendiri. Ya karena temen-temen gue di ub ga ada yang daftar perusahaan ini padahal mah lumayan banget nih perusahaan untuk fresh graduate aja bisa dua digit berdasarkan info yang gue dapet di internet dan dari senior gue yang kerja disana. Ini adalah perusahaan pabrik amonia yang terletak di kalimantan timur, bontang. Gue lamar untuk posisi reliability engineer mechanical engineering.




Sebelum dateng ke tes gue coba cari tau berapa banyak saingan gue untuk posisi itu yang kepanggil tes, dan ternyata ada yang kepanggil di ITB ada 130an orang dan yang kepanggil di UGM ada 60an orang. Saat awal tes pihak HRD nya jelasin bahwa dari segitu banyak orang mereka Cuma butuh 4 orang untuk posisi tersebut. Nothing to lose atau lebih tepatnya hopeless, ini tes pertama gue dan kompetisinya cukup berat. Dan jujur saat itu gue gatau bakal di tes apaan di hari itu, gue belajar psikotes aja, karena biasanya tahap awal tes pasti psikotes. Dan ketika tes ternyataaa tessnyaa adalaahhh TOEIC 100 soal listening dan 100 soal listening, wuanjiirrr, ga ada persiapan!!! Abis itu ditambah tes FULL TEKNIS tentang TEKNIK MESIN njirr. Gue kaget soalnya gue ga ada persiapan, gue kira yang keluar bakalan soal pertanyaan kaya jarak jakarta surabaya, tinggi anak usia 10 tahun, dll. Eh yang kluar malah full teknis 15 soal pilihan ganda plus 5  soal essay, banyak hitungannya lagi duh kaga boleh make kalkulator sia untuk pilihan ganda banyak itungannya, Yang gue inget Cuma soal essaynya aja, soal nomor
1.       Jelaskan diagram tarik baja carbon
2.       Hitung tekanan hidrostatis pada ketinggian yang berbeda
3.       Jelaskan siklus refrigerasi
4.       Tentukan nilai tegangan tiap titik pada pipa siku dimana salah satu sisinya ditahan dan yang lainnya diberi gaya
5.       Tentukan luas permukaan pressure vessel
Gilaa, hopeless, saat itu gue ngerjain soal tanpa beban karena gue rasa ga mungkin lah gue berhasil di percobaan pertama tes, dengan kompetisi ketat, persiapan nol, mana sekitar gue orang ITB semua, walaupun gue sangat tertarik dengan perusahaannya tapi saat itu fokusan gue masih cari pengalaman tes kerja (sedih) kata HRD nya kalo lolos minggu depan udah kepanggil. Yah ga munggkinlah gue lolos tahap selanjutnya. Dan bener juga, minggu depannya ga ada kabar apa-apa.
Dua bulan kemudian disaat gue lagi di malang ngurusin tetek bengek administrasi kelulusan dan udah ga mikirin KPI eh ternyata dapat panggilan ke jakarta untuk wawancara user, ga nyangka bro (seneng), gue langsung naik kereta ke jakarta, istirahat semalam dirumah dan besoknya ke kantor KPI.
Ternyata yang wawancara bareng sama gue ada 5 orang lain, total 6, dari itb 2 orang sisanya masing-masing satu yaitu ITS, UGM, UNDIP, UB. Katanya sih itu shift pagi, nanti siang ada lagi, jadi kemungkinan yang wawancara user ada 12 orang.
Saat wawancara user gue disuruh pengenalan dengan bahasa inggris, terus ditanya terkait keluarga, tentang skripsi, dan ada beberapa pertanyaan teknis, yaitu gue disuruh jelasin siklus refrigerasi di papan tulis, udah kaya kompre aje disediain papan tulis, gue juga ditanya tentang bedanya pompa dan kompresor, pengertian fluida. Dan pertanyaan yang paling susah adalah 1. Kamu kapan wisuda (sedih) soalnya saat itu gue belom kelar ngurus administrasi daftar wisuda (read:revisi skripsi) jadi gue jawab “kalo bapak tanya saya, saya tanya siapa?” ngga deng, gue jawab ga tau 2. Kalo ada semacam ikatan dinas, kamu siap kerja disini untuk 10 tahun gak? Ga berani saya pakk kalo 10 tahun.  Mati gue, walaupun gue pengen masuk sini tapi kalo diikat selama itu ya mikir-mikir lagi, soalnya gue gatau lingkungan dalamnya kaya apa. Oke kamu beraninya berapa? (samain kaya harga pasar aja bang) Terus gue mikir dan keceplosan jawab 2-5 tahun. Anjir 2 tahun mah kami berat terima nya ? gue juga ditanyain, udah punya pacar belom, gue jawab punya pak, cakep lagi,putih tinggi, ga deng, gue jawab ga punya (hina) kurang lebih kaya gitu dah.
Dan sekarang gue lagi nunggu hasil tes user tersebut dengan tanpa berharap karena takut kecewa.
Dan alhamdulillah gue di telpon lagi tiga minggu kemudian (lama bet ye) untuk melakukan psikotes, alhamdulillah, bisa lolos user rasanya bahagiaa. Gue saat itu lagi di malang, dan gue diundang untuk melakukan psikotes di surabaya di salah satu lembaga psikotes kecil gitu, kantornya mohon maap ga bermaksud menghina tapi menurut gue jwelek pwol, udah kecil bet, agak kotor, temboknya udah pada rusak, gue disuruh tes jam 8, dan dia baru buka jam 8 kurang dikit. Disitu gue ternyata ikut psikotes bersama sekitar sepuluh orang peserta tes dari perusahaan yang berbeda-beda. Iya gue disitu dari KPI sendiri, mana yang lain udah pada bapak-bapak lagi, gue doang paling muda, baru lulus, masih bau jilidan skripsi. Disitu gue ngelakuin full psikotes, dari tes intelegensi, pengetahuan umum, deret, soal cerita matematik, pola gambar 2 dimensi dan 3 dimensi, tes krapelin, tes warteg, tes gambar pohon tes, gambar orang sesama jenis dan lawan jenis. Gue kerjain sebisanya dan gue pasrah.
Dan setelah itu gue kembali menunggu. Dan terusss menunggu. Dan setelah 2-3 bulan lebih tanpa kabar, tiba-tiba muncul lowongan PT.KPI untuk posisi yang sama. Dan setelah gue tanya senior gue yang disana, proses rekrutmen yang sebelumnya ga ada satu pun yang keterima dan akhirnya mereka buka lagi khusus untuk mahasiswa ITS, UB, dan UGM. Waduhh sayang sekaliee bukan rejekiee.

2.       PT. PERTAMINA (Fresh Graduate Program)

Wihh kalo ini perusahaan yang diimpiankan semua fresh graduate di indonesia, dan alhamdulillah tahun ini mengadakan rekrutment untuk fresh graduate program. Jelass kalo pertamina sih saingannya gila-gilaan dan kalo masuk semua merasa beruntung bangett.
Pertama, gue disuruh ngisi berkas biodata dll. di laman rekrutmen pertamina.
Kedua, seminggu kemudian gue di email untuk melakukan screening test secara online. Jadi di email sudah disediakan username dan password untuk masuk web screening test tersebut. Harinya ditentukan namun waktunya bebas.
Ketiga, seminggu kemudian setelah dapet surat cinta lulus dari screening test kita disuruh untuk melakukan tes psikotes dan bahasa inggris sejenis TOEIC secara online juga di hari yang berbeda yang telah ditentukan namun waktunya bebas juga. Sama diemail juga dan di kasih username serta password.
Keempat, seminggu kemudian lagi gue dapat surat cinta lagi disuruh untuk wawancara online dengan psikolog melalui skype. Diemail kita dikasih tahu alamat akun interviewer dan disuruh di add friend. Njir, ini wawancara pertama gue, lewat online pula. Oleh psikolognya gue ditanyain tentang kepribadian, kurang lebih pertanyaannya itu gini
1.       Siap ditempatkan dimana saja?
2.       Pernah berada diposisi diluar dugaan dan dibawah tekanan?
3.       Bagaimana cara menyelesaikan beda pendapat?
4.       Bagaimana respon mu jika liat orang yang salah?
5.       Apa prestasi mu yang paling berkesan?
6.       Udah pernah ikut organisasi apa aja?
7.       Pernah berada dilingkungan beda prinsip?
Ditanyain itu selama kurang lebih 40 menit, dan di tengah-tengah wawancara ada gangguan teknis lagi. interview harus diputus dua kali, gue gatau itu musibah atau anugrah, soalnya pas putus gue jadi bisa nenangin diri, udah kaya ngeliat dia putus sama pacarnya




Kelima, gue dapet surat cinta lagi untuk undangan wawancara tatap muka di perada mension jakarta, aih, langsung aja gue berangkat ke jakarta, ternyata disana ada banyak banget yang kepanggil yaiyalah, satu shift ada sekitar 80 orang dan sehari ada sekitar 5 shift, dan total ada dua hari, behh masih banyaakk yaa. Orang sebanyak itu wawancarainnya gimana tuh, dan ternyattaaa, gue dan 6 orang kenalan gue di mesin ub dateng jauh-jauh ke jakarta Cuma untuk tanda tangan kesiapan dan ngasih berkas. Yak bener, ngasih berkas tokk. Kaga ada wawancaranya. Jadi untuk selanjutnya adalah wawancara user dan diseleksi dari berkas yang kita kasih dan hasil proses rekrutmen sejauh ini. Dan ternyata dua hari penyerahan berkas itu adalah batch 1 atau gelombang 1 proses rekrutmen pertamina, nah nanti ada lagi gelombang 2, aih ternyata saingannya masih banyak. Setelah itu gue langsung balik lag ke malang.

Keenam, gue dapat surat cinta untuk wawancara user dijakarta, kalo keterima gue dapat penempatan di pertamina direktorat gas. Gue mah masuk pertamina aja udah syukur, direktoratnya mana aja mah bebas dah. Jadwal wawancara user pertamina ini bentrok sama undangan rangkaian tes candra liaw asri petrokimia dan pama persada, gue kejakarta dan melewatkan tes tes tersebut. Eman poll rekkk!!! (read buat yang ga bisa bahasa jawa: sayang banget cuy)
Gue ke kantornya pertamina, terus disana gue ketemu banyak orang, total orang yang wawancara user direktorat gas sama gue ada 11 orang 3 ITB, 3 UI, 2 ITS, 2 UGM, 1 UB kebanyakan dari jurusan teknik mesin, sisanya satu dari perkapalan satu dari material.
Gue diwawancarai oleh 3 orang, satu manager HRD, satu vice president reliability dan satunya lagi direktur operasi. Didalam gue ditanya
1.       perkenalkan tentang dirimu dan keluargamu
2.       ceritakan tentang skripsimu
3.       ceritakan tentang kerja praktek mu
4.       apakah siap ditempatkan dimana saja
5.       pilih kerja menjadi spesialis atau bagian manajemen
6.       pilih kerja di kantor atau dilapangan
7.       kapan wisuda ? (pertanyaan yang masih sangat mengerikan)
8.       udah punya pacar belom?
9.    gimana kondisi keluarga? (update)
Kurang lebih kaya gitu selama 30 menitan. Oiya, sebelum wawancara kita disuruh tunggu dulu, dan wawancaranya dipanggil dua orang-dua orang diruangan yang berbeda, nah selama nunggu itu gue saling kenalan dan minta kontak hp, tujuannya adalah biar kalo nanti ada kabar mcu saling ngabari, dan diakhir wawancara gue dikasih tau kalo nanti ada kabar kelanjutanya lagi sekitar dua minggu.
Dan ternyata 2 hari setelah wawancara user itu orang-orang yang wawancara user bareng ama gue udah pada kepanggil mcu untuk minggu depannya. Dari 11 orang yang wawancara ada 7 orang kepanggil mcu. Aihhh hati aing hancur berkeping-keping, tak terasa air mata menetes, langsung tiduran tengkurep pala madep bantal, bantalpun basah, aing harus kuatt, aing fans liverpool, aing harus kuatt. Ini kayanya karena jawaban-jawaban gue yang kurang cocok sama keinginan usernya . Kalo ada yang pengen tau jawaban gue apa aja tanyain di koment yaa.

(update)
saat wawancara gue ditanya terkait keadaan keluarga, bapak kerja apa ibu kerja apa kakak kakak kerja apa adek kuliah dimana. dan gue baru tau yang menurut gue mungkin salah satu yang fatal membuat gue ga diterima adalah saat gue ditanya tentang pekerjaan bapak. saat itu gue jawab kalo bapak gue adalah pensiunan pelaut, sekarang bisnis kontrakan sama ada agen gas lpg. terus mereka tanya lagi, "nanti kalo kamu keterima kemudian bapakmu minta pasokan tambahan gas lpg lebih dari quota yang seharusnya gimana?" gue berusaha menjawab dan meyakinkan intinya dengan  kalimat yang menunjukan ya ga mungkin lah gue melakukan hal hal yang disintegritas. 

gak lama setelah gue gak diterima, gue baru tau dari paklek gue yang jadi bpk bagian auditor pt pertamina yang mengatakan bahwa orang pertamina sama sekali ga boleh sama sekali punya bisnis terkait pertamina entah itu pom bensin atau agen gas lpg. waahhh berarti gue udah salah ngomong, kenapa gue ga bilang bapak gue cuma ada bisnis kontrakan aja ya hehehehe tp gapapa emang bukan rejekinya :)

3.       ADARO ENERGY (Adaro Mining Professional Program)
Menurut gue proses rekrutmen adaro ini adalah yang paling dikebut. Jadi gue daftar adaro lewat online, gue lupa daftarnya dimana, terus lulus berkas dan kepanggil untuk melakukan serangkaian test di gedung SAC ITS Surabaya.

[gedung SAC ITS]
Nah testnya itu seleksinya cepet banget, udah kaya mas-mas pengen brangkat solat di mesjid tapi udah kedengeran takbir rakaat terakhir. pertama setau gue yang kepanggil ada 197 orang mengikuti tes psikotes tahap satu yaitu kaya nebak pola gambar dan kemungkinan jawaban gambar gitu gitu deh. Tes nya sekitar sejam setengah, pokoknya selesain jam sepuluh. Setelah tes peserta disuruh keluar nunggu hasil pengumuman ditempel, setelah kurang lebih 10 menit, panitia menempel hasil tes yang lolos dan yang tidak. Yang lolos langsung masuk ruangan dan lanjut psikotes tahap kedua, alhamdulillah nama gue lolos.


Untuk psikotes tahap dua ini sama seperti psikotes pada umumnya, ada soal deret, pengetahuan umum, soal cerita matematika, soal mengingat, soal gambar yang diputer-puter, ada tes pauli (tes koran), tes ngelengkapi gambar (tes warteg), tes papikostik (tes papi), gambar orang dan gambar pohon. Namanya full psikotes itu ngabisin waktu yang lumayan panjang dan tenaga yang banyak. Untung diwaktu zuhur ada waktu isoma dan peserta dikasih makan oleh pihak adaro kemudian lanjut lagi mngerjakan tes sampe sekitar jam 2 an. Setelah itu peserta disuruh keluar lagi kaya tadi, nunggu 10 menit, hasil ditempel, ada sekitar 54 orang yang lanjut ketahap selanjutnya yaitu tahap LGD (Leaderless Group Discussion), alhamdulillah gue masih lolos.
LGD nya dilakukan saat itu juga, jadi tema LGD nya adalah disuruh diskusi untuk buat program bagaimana kita sebagai pihak kampus dapat menjadikan kampus kita banyak diminati oleh siswa-siswa dan bisa menghasilkan lulusan yang berkualitas. Dikasih waktu 10 menit untuk mikir dulu lalu 20 menit untuk diskusi, satu group ada 9 orang. Setelah LGD, kaya tadi lagi, peserta disuruh keluar ruangan kemudian nunggu hasil LGD yang akan ditempel. Yang lolos LGD akan lanjut ke tahap interview user esok hari. Jumlah peserta yang lolos wawancara user ada 15 orang, dan alhamdulillah masih ada nama gue.
Besok harinya gue balik lagi ke lokasi tes untuk interview user, gue udah nanya senior gue yang ada lolos adaro batch sebelumnya katanya ga ada pertanyaan teknis, semua tentang kepribadian, okee santai jiwa, gue dateng dan nunggu giliran gue dipanggil. Setelah dipanggil, gue masuk ruangan, yang wawancarain gue ada dua orang dari pihak HRD dan pihak user, awalnya disuruh kenalin diri dan keluarga make bahasa inggris, setelah itu gue ditanya tentang gimana cara ngatasi kekurangan gue, terus gue ditanya tentang motor bakar, iyaaaa guee ditanyaa tentang motor bakar, dan itu merupakan pertanyaan teknis, siaall belom belajarrr belom revieww, gue jawab sebisanya aja, abis itu gue ditanya tentang siklus refrigerasi dan pertanyaan seputar roda gigi. Gue jawab sebisanya aja karena gue emang ga nyiapin diri untuk pertanyaan teknis, oke setelah wawancara sekitar 30 menit, gue keluar ruangan dan dinyatakan tidak lanjut tahap selanjutnya, gue langsung balik ke malang dari surabaya. Disini gue berterima kasih kepada senior gue karena udah kasih gue kisi-kisi yang terbaik, “gak ada pertanyaan teknis” suwun yo mas, sampeyan pancen gateli ck (read untuk yang ga bisa bahasa jawa: makasih mas, anda memang orang yang baik hati sekali, cerdas, berwibawaa). Btw, fyi, kalo lu keterima di adaro program ampp itu ada pendidikan 2 tahun dan kerja 2 tahun jadi total ikatan dinas 4 tahun, kalo keluar denda 150 juta, dan lu ga boleh keluar kota tanjung atau site di kota lainnya untuk satu tahun penuh. Senior gue sampe nunda wisudanya setahun lebih.

4.       PT. Pembangunan Jaya Ancol
Nah kalo ini pasti terkenal banget ya kan? Siapa sih yang ga kenal ancol tempat rekreasi modern terbaik di Indonesia yang terdapat di jakarta utara? Kalo gatau ancol minimal pasti tau dufan. Yak, gue ngeliat lowongan pembangunan jaya ancol ini di Karir ITB, lowongannya untuk kaya setara manajemen trainee gitu dan mempersilahkan salah satunya fresh graduate jurusan teknik mesin untuk mendaftar disamping jurusan jurusan lain kaya arsitek, teknik sipil, manajemen dll.



Saat itu PT.PJA buka rekrutmen di 3 wilayah yaitu jogja, jawa barat dan jakarta. Nunggu lama hingga akhirnya ada panggilan psikotes di ancolnya langsung karena gue ikut yang wilayah jakarta. Dipengumumannya itu tiap wilayah yang kepanggil ada 3 batch, masing-masing batch ada 100 orang yang ke panggil. Jadi kira-kira total yang lulus tahap seleksi berkas ada 100 orangx3batchx3wilayah total sekitar 900 orang.  Dan untuk saat itu yang gue inget teknik mesin cuma punya kuota keterima 4 orang, teknik sipil 9 orang, arsitektur 1 orang, sisanya lupa.
Gue dateng ke ancol dari ciledug naik motor. Sesampenya disana gue nunggu nunggu nunggu hingga akhirnya disuruh masuk untuk mengikuti psikotes. Sebelumnya mereka memperkenalkan dulu tentang PT. Pembangunan jaya ancol ini yang sahamnya mayoritas dipegang oleh Pemda DKI 72% , terus yang kedua dipegang oleh PT. Pembangunan Jaya 30an%, dan sisanya oleh masyarakat. Mereka jelasin kalau disini merupakan perusahaan yang mengurusi tempat rekreasi seperti dufan, atlantis, sea world, gelanggang samudra dan lain lain, selain itu juga terdapat apartemen dan perumahan. Mereka mengatakan yang kerja disini harus siap kerja weekend dan 6 hari kerja 1 libur. Namanya juga tempat rekreasi ya kerjanya saat orang lain liburan. Bagi yang keterima akan ditraining satu tahun sebelum diangkat jadi karyawan tetap. Mereka blak-blakan soal gaji, mereka kasih tau kalo keterima gaji S1 7,2 juta dan D3 5,2 juta serta terdapat benefit kaya bonus tahunan, bonus performa, kesehatan, bonus tiket tempat rekreasi dan bebas menggunakan semua fasilitas yang ada di ancol.
Oke langsung aja ke psikotesnya. Jadi disana ada 4 tahap psikotes.

Yang pertama ada beberapa tabel data gitu dan kita ditanya terkait data yang ada ditabel itu. Yang kedua ada teks, dan tiap teks dikasih 3 pernyataan. Nah kita disuruh nentuin apakah pernyataan itu benar atau salah berdasarkan teks, atau tidak terdapat pada teks.
Yang ketiga terdapat gambar selembar kertas yang dilipat lipat dan kemudian dibolongin. Nah kita suruh nebak ketika lipatan kertas itu dibuka, lubang yang dibolongin letaknya dimana aja.
Yang keempat tes papikostik, ada dua pernyataan disuruh pilih yang paling menunjukan dirimu.
Gue waktu itu tes batch 1 di pagi hari, selesai psikotes jam 11 siang, dan katanya hasil psikotes akan diumumin jam 12 siang nya,dan akan langsung melaksanakan wawancara HRD hari itu juga. Alhamdulillah gue lulus psikotes dengan 21 orang lainnya di batch itu dan lanjut wawancara HRD tapi karena gak cukup waktunya jadi sebagian orang wawancara keesokan harinya.
saat wawancara HRD yang ditanya seputar cv aja, organisasi, prestasi, keluarga, kepribadian, saat itu gue menjawabnya dengan tenang, dan diakhir wawancara gue tanya, "bu dari saya menurut ibu apa yang kurang? agar saya bisa memperbaikinya kedepannya biar lebih baik lagi?" dia jawab, "menurut saya udah cukup bagus, tinggal liat nanti wawancara usernya gimana". dari situ gue udah yakin kalo bakalan kepanggil wawancara user haha mungkin itu salah satu tipsnya ya buat nebak hasil wawancara. setelah itu seminggu kemudian gue dipanggil untuk wawancara user bersama dengan 11 orang lainnya dari semua batch yang ada di jakarta. saingan gue teknik mesin sih tinggal sisa 3 orang. tapi masih ada saingan dari batch jawa barat dan jawa tengah.
Saat wawancara gue disuruh perkenalkan diri, ditanya kenapa pilih teknik mesin, kenapa pilih kuliah di brawijaya, kenapa ngelamar perusahaan ini, kondisi keluarga gimana, pengalaman organisasi gimana, prestasi apa aja, dan sebagainya.
Seminggu kemudian gue dipanggil kembali untuk melakukan interview user jam 10, gue brangkat jam 6 sampe sana jam stengah 8 -_- nunggu orang OR nya dateng jam 9 kurang, terus disuruh absen dan waktu wawancara berdasarkan urutan absen itu bukan berdasarkan undangan sms.
Dari semua batch di wilayah jakarta tersisa 12 orang, teknik mesin tersisa 3 orang. Saingan gue masih ada dari dua wilayah lain yaitu jawa tengah dan jawa barat.
Saat wawancara pertama-tama gue langsung disuruh perkenalkan diri dan semua pengalaman kamu di bidang teknik mesin. Abis itu gue ditanya skripsi, ditanya pkl dan teori-teori dasar teknik mesin kaya apa itu kavitasi? Sebutkan jenis-jenis head yang kamu ketahui? Apa yang harus pikirkan ketika ingin merancang pompa untuk keperluan suatu gedung? Pernah bongkar apa aja? Pernah terlibat dalam proyek peneumatic dan hidrolik? Kalo diterima mau dibagian perancangan atau maintenance? Dan semua pertanyaan itu gue jawab sebisanya.
Setelah wawancara user gue langsung pulang naik motor, gue butuh angin sepoi-sepoi untuk mendamaikan pikiran yang kaya abis dibantai ujian skripsi. Dan proses rekrutmen ini berakhir dengan kalimat “belom rejekieee :”)”




Gue udah mulai menjadi layaknya manusia kebanyakan hahaha ngeluh-ngeluh, bertanya-tanya kenapa ya kok gue belom dapet-dapet juga kerjaan beberapa kali sampe tahap user tapi kok gak lolos ya. Disisi lain temen-temen gue diangkatan udah mulai pada dapet kerjaan. Belom lagi ada kakak kelas gue yang baru kerja 2 tahun di PT. KPI, terus pindah ke freeport. Gampang amat bang kayaknya pindah-pindah dari perusahaan bagus. Kalo gue jadi KPI gue juga bakalan kesel sih, gue yang ngebentuk orang itu dari fresh graduate, pas udah jadi malah dicomot perusahaan lain. Sama aja kaya suarez, torres, kotinyo, emre can, yang ketika udah dibentuk jadi pemain tangguh oleh liverpool, pas udah jadi pemain hebat malah tim lain mencoba pengen nyomot. Tapi semuanya sah-sah aja kan, setiap individu punya hak nya masing-masing. Coba KPI terima gue, gue tuh orangnya loyal kek steven gerard di liverpool. Nyesel lu pada ga nerima gue hahahahahahahaha #YNWA #pret

Udah hampir sejak 7 juni gue lulus sidang, terus gue ngurus revisian dan administrasi wisuda hingga tanggal 18 agustus gue yudisium. Kemudian nunggu jadwal wisuda keluar dan akhirnya gue wisuda tanggal 18 November. Lumayan dah, wisuda dapat menghilangkan tekanan sejenak, menghilangkan pusing susahnya cari kerja, bersenang-senang ria dulu sementara.

Gue tuh dulu saat idealisme gue masih tinggi-tingginya tiap abis sholat doa sama Allah, Ya Allah mudah kan lah hamba untuk bekerja di perusahaan oil and gas company. Nyoba pertamina gagal, company yang lain ga ada kabar buka lowongan, sekalinya ada ngelamar, terus ga ada kabar lagi. Gue ubah doa gue jadi, Ya allah mudahkan lah hamba untuk kerja di perusahaan oil and gas, petrokimia, atau pembangkit ya Allah. Haha masih idealis, soalnya gue passion dan konsentrasi pada konversi energi dan gue pengennya ilmu konversi energi kepake saat kerja jadi kerja sesuai passion. Gue males atau belom ada kepikiran untuk ke manufaktur. Kalo kontraktor gue masih oke dah. Terus gue gagal di PT. KPI, Adaro, dan di Pembangunan jaya Ancol. Waduh, sedih, hehe, terus gue ubah doa gue menjadi, Ya Allah mudahkanlah hamba untuk bekerja diperusahaan yang engkau ridhoi dan hamba senangi. Gue daftar banyak lowongan di Internet. Dari yang gue senangi sampe ke yang batas minimal bisa gue terima. Di jobstreet aja jumlah aktif application gue sampe 30an lebih. Iya gue udah mulai daftar-daftar perusahaan manufaktur walaupun kalo kepanggil gue males ngelanjutin wkwk

Setelah wisuda gue lanjut beberapa tahapan rekrutmen, walaupun proses rekrutmentnya udah dimulai dari sebelum gue wisuda. Lanjut cerita yaa

5.       PT. Sayap Mas Utama (Wings Group)
Ini merupakan salah satu perusahaan FMCG terbesar diindonesia, FMCG (Fast Moving Consumer Goods) adalah produk produk yang sifatnya cepat habis yang biasanya terdiri dari kebutuhan sehari-hari, sehingga dapat terjual dalam waktu singkat dengan harga yang relatif rendah. Contoh perusahaan FMCG lain tuh kaya Indofood, Nestle, Mayora. Nah sekarang yang lagi gue ikutin adalah Wings yang produknya udah banyak banget, dari sabun, detergen, mie instan, kecap, sampe bahan bangunan. Awalnya gue kurang semangat ngikutin tes ini,(read: lalalalala kamu kerja dimana? | Aku kerja di wings | wing air yang pesawat itu ya? | bukan, wings sabun colek | oh.) tapi setelah dijelaskan profil perusahaan oleh pihak wingsnya sebelum tes gue jadi mulai tertarik. Katanya perushaan ini udah 68 tahun berdiri dan udah stabil banget. Produknya juga udah di ekspor hingga 50 negara di dunia. Ya lumayan lah walaupun gue sebelumnya ga ada passion di pabrik FMCG, tapi kalo diterima di perusahaan sebesar ini ya gue pasti udah gak ragu lagi untuk mikir-mikir dulu (maap impian gue soalnya kerja di migas, petrokimia, tambang atau pembangkit). Mereka juga menjelaskan untuk jurusan engineering nanti bisa ditempatkan dibagian maintenance engineer untuk teknik mesin dan civil engineer untuk teknik sipil, juga bisa ditempatkan di posisi production. Okee langsung aja gue cerita tentang tes nya yaa.


Tahap satu gue diberi tes berupa soal cerita logika matematika sebanyak 25 soal diberi waktu 50 menit. 5 soal awal make bahasa inggris loh. Soal-soal awal itu kaya dikasih tabel jumlah kematian per 100.000 jiwa dan penyebabnya setiap tahun pada satu dekade terakhir trus kita suruh ngitung jumlah persentasenya. Persentase apa? Macem-macem dah, misalnya jumlah kematian yang diakibatkan oleh kanker pada tahun 2010 adalah berapa persen dari total kematian. Kurang lebih seperti itu dah. Terus soal-soal selanjutnya yang make bahasa indonesia itu kaya soal cerita matematika tapi gak make angka, Cuma make huruf sebagai variabel aja. Nih misalnya, suatu barang memiliki harga n dan di diskon sebesar m, berapa jumlah yang harus dibayar pembeli untuk satu barang tersebut? Berapa hayoo? Jawabannya n-m. But the problem is not that easy, Kemarin itu gue ngerjainnya terlalu terpaku sama beberapa soal yang susah, gue gak memprioritaskan soal yang gampang terlebih dahulu, alhasil ketika waktunya abis, soalnya belom kejawab semuaa, jadi gue ngasal di beberapa soal yang belom ke jawab, ada kali 6-7 soal. Setelah tes, mereka minta waktu 45 menit untuk mengoreksi dan kemudian hasil peserta yang lulus tahap selanjutnya ditempel di pintu ruangan. Oiya, jumlah peserta yang tes saat itu untuk posisi engineering dan production aja sekitar mungkin 60 – 70 orang, gue gak ngitungin juga, yang gue tau ada seruangan aja.

Setelah pengumumannya di tempel, gue liat kalo ternyata gue lulus tahap selanjutnya, cukup beruntung gue, mengingat ada beberapa soal yang gue jawab asal. Jumlah peserta yang lanjut sekitar belasan orang, sorry coy -_- gue gak ngitungin lagi waktu itu. Tahapan selanjutnya adalah wawancara HRD, sebelumnya gue disuruh mengisi formulir tentang data diri yang kemudian nanti akan digunakan oleh HRD sebagai bahan pertanyaan saat wawancara. Hari itu cukup dan gue kembali ke kosannya fikri (numpang sama temen, makasih fik jasalu akan selalu gue kenang). malam sebelumnya gue sempet browsing-browsing di internet tentang gimana wawancara di wings ini. nah yang paling gue inget nih dari hasil browsing gue wkwk, ada orang di kaskus yang cerita kalo dia saat wawancara user, usernya bilang kalo lagi nyari orang etnis cina untuk direkrut, itu user marketing apa kalo gak salah. kaskusernya cerita, kebetulan etnis saya emang cina gan. waduh kalo gue inget-inget lagi emang orang hrd yang jadi panitia rekrutmen emang cina semua sih. wkwk bukan apa-apa, gue agak heran aja, kan ngeliatnya kayak ada sesuatu yang ngeganjal. ini cuma sekedar info aja ya.

Besoknya gue dapet jadwal wawancara sekitar jam 10 pagi, tapi karena yang wawancara cuma ada 2 orang jadi gantian dan akhirnya gue baru kepanggil wawancara jam 11, nunggunya cukup lama yaa dari jadwal sebenarnya. Ternyata yang dapet jadwal jam 10 pagi itu ada sekitar 8 orang. Saat interview yang ditanyakan itu sekitar keluarga, pernah ikut organisasi apa aja, pengalaman kerja praktek, kekurangan diri cara mengatasinya serta itu ngaruh ga ke pencapaianmu selama ini, semester terburuk saat kuliah semester berapa dan kenapa, punya prestasi apa aja, that’s all, seinget gue itu aja sih, kurang lebih 15 menit dan terakhir kita dikasih kesempatan nanya ke mereka kaya wawancara-wawancara biasanya. Dia bilang disuruh tunggu hingga sekitar 2 minggu untuk hasilnya, nanti kalo ternyata ga ada kabar mungkin karena ga memenuhi kualifikasi atau posisi yang diinginkan ga membutuhkan orang. Siapp siappp mbuh wes sembarang mau hasile koyo opo ae aku mek iso pasrahh hehe. Oiya gue hampir lupa, saat ditanya tentang organisasi, gue jawab kalo gue ikut beberapa organisasi dalam kampus, lalu dia tanya gini, kamu pernah ikut organisasi yang lingkupannya lebih luas gak? Yang diluar kampus, kayak HMI gitu?
Nah ini nih, ini nih, pertanyaan yang menurut gue berbahaya karena dia memberi contoh suatu pergerakan politik mahasiswa. Hak mereka sih sebenernya mau cari partner kerja yang kaya gimana juga mau se ras, sehobby, se agama, se almamater, separtai, sekampung halaman, karena yang nanti bekerja sama kan mereka ya hak mereka kalo ingin cari partner kerja yang bikin mereka nyaman.  dan menurut gue itu hal yang wajar. Makanya dalam hal cari kerja itu ketika lu kalo udah sampe tahap wawancara udah banyak penilaian-penilaian yang bersifat subjektif, jadi cocok-cocokan aja antara lu dan yang mau mempekerjakanlu. Itu juga demi kebaikan kitanya sebagai yang mencari kerja. Kalo merekanya merasa gak cocok saat keterima kita nya juga yang susah. Wajar makanya kalo dalam cari kerja itu ada orang yang proses rekrutmen sampe tahap wawancara terus tapi gak keterima-keterima (pembelaan diri wkwk) karena belom ada orang yang cocok untuk mempekerjakan dia aja. Karena gue paham itu maka gue gak terlalu panik ga bakal dapet kerjaan sih, walau ngeluh-ngeluh biasa ketika ngeliat banyak temen udah keterima dan kita belum menurut gue masih wajar wkwkwk suatu saat gue juga bakal nemu orang yang cocok untuk mempekerjakan gue.
Kembali lagi ke waktu wawancara yang nanya tentang pergerakan mahasiswa, saat itu Kalo gue jawab gue pernah ikut pergerakan kaya gitu nanti kalo kebetulan pergerakannya sama, gue jadi punya nilai plus, nah kalo kebetulan pergerakannya beda, gue jadi punya nilai minus, jadi gue jawab aja dengan jujur dan aman hahaha kalo gue cuma ikut organisasi dalam kampus aja dan sebenernya dikampus itu organisasi ekstra kaya gitu di larang dan di fakultas teknik orang-orangnya pada anti. Gue jawab gitu sob, padahal saat gue masih mahasiswa ya gue gak anti sama mereka, tapi gak gabung juga, soalnya keberadaan mereka menurut gue bagus. Btw, HMI disini Cuma sebagai contoh yaa, ga ada maksud apa-apa. Sebelum pembahasannya makin ngelantur, yuk kita lanjut.

Setelah wawancara gue balik ke kosan temen gue, dan malamnya gue dapet sms kalo lolos tahap selanjutnya yaitu psikotest yang dilakukan esok hari jam 8 pagi, katanya hasilnya bakalan diumumin sekitar 2 minggu nah ini h+1 udah diumumin. Padahal besoknya gue ada rencana mau test tahap awal astra tapi karena bentrok sama wings yang udah tahap ke tiga yaudah gue jalanin yang wings aja dah.

Psikotes nya biasa kok kaya psikotes-psikotes pada umumnya, ini full psikotes dari jam 8.30 sampe jam 1, ada tes edward, tes papi, tes pauli, tes warteg,  soal rotasi gambar, soal cerita matematika, soal deret, soal mengingat, dan lain sebagainya. Setelah tes kita disuruh nunggu sekitar 2 minggu untuk pengumuman hasilnya. Iyaaa iyaa pak dua minggu iyaa percaya guee. Dan sampe saat ini gue belom dapat kabar apapun terkait kelanjutan proses rekrutmen ini.

Eh ternyata bener, Dua minggu kemudian setelah psikotes, gue di telpon oleh pihak wings, gue diundang untuk melakukan interview user di jakarta untuk posisi production leader. Saat itu, gue tanya tentang production leader itu jobdesknya apa aja. Selain itu gue cari tau juga posisi production leader itu prospeknya gimana dan ngapain aja si dengan nyari tau di internet dan nanya senior-senior gue. Saat itu gue disuruh konfirmasi lewat email kalo mau dateng atau engga, dan akhirnya gue konfirmasi lewat email kalo gue TIDAK DATANG . Alasan gue yaitu karena posisi yang ditawarkan ga sesuai sama yang gue harapkan, yang gue harapkan itu jadi engineer, entah itu maintenance, proses, produksi, utility, yang jelas engineer. dan alasan lainnya adalah perusahaan ini liburnya cuma hari minggu. padahal gue lumayan suka sama perusahaan ini, selain deket, katanya gajinya lumayan. Maafkan idealisme gue yaaa .

2 bulan kemudian disaat gue tak kunjung dapet kerjaan juga ternyata gue di telpon lagi diundang untuk wawancara user lusa jam 9, katanya kali ini ada lowongan engineering. Yaudah gue datengin aja. Gue naik motor dari ciledug ke cakung berangkat pagi jam 5 biar ga macet sambil ujan ujanan make mantel, sampe sana jam 6.30. sampe sana gue agak heran aja, bener juga ya, ini kok pekerjanya banyak yang etnis cina, ada sih beberapa yang muka-muka jawa jakarta yang jadi satpam, supir wkwk ga ada maksud apa-apa, cuma cerita aja.
Gue diwawancara diruangan kecil kaya khusus wawancara gitu. Satu meja dua bangku. Saat wawancara kaya biasa dan santai, gue ditanya full teknis sama usernya, santai kali ini usernya orang jawa kok wkwk gue ditanya tentang skripsi dan sekitarnya, pkl dan sekitarnya, prestasi, kepanitiaan dan organisasi. Dan setelah itu gue minta masukan buat kedepannya biar lebih baik. Dan dia bilang gue masih kurang bla bla bla. Okeee bau baunya negatif ini mah hahaha. Bodo amat #belomrejeki

Ya Allah mudahkanlah hamba untuk bekerja diperusahaan yang engkau ridhoi dan hamba senangi. gue ulang ulaang aja terus tiap abis sholat sambil melas melas ke Allah. kalo diitung-itung sejak gue lulus sidang skripsi gue udah nganggur 6 bulan, anjir lama banget ya. walaupun dalam waktu salama itu gue ga sepenuhnya ngaggur, gue sempet bantu-bantu gambar di PT. Pertamina Lubricant untuk project botol oli. sempet jualan topi dan minuman di cfd jakarta haha latihan mental coy, berat sekali membentuk mental dagang, gue juga coba ngeringkas buku sejarah sahabat, walaupun begitu tetep aja status gue pengangguran. tekanan dari dalam luar kiri kanana berat sekali, membuat diri ini merasa lemah.


6.       PT. South Pasific Viscose
Ini merupakan perusahaan industri kimia atau bisa dibilang perusahaan petrokimia multinasional punya Austria gitu yang ada di purwakarta. Baru tau kan lu? Sama gue juga. Gue tau dari jobstreet, saat itu perusahaan ini buka lowongan untuk utility engineer berpengalaman 3-5 tahun tapi fresh graduate boleh daftar. Aneh kan? Gue daftar karena kebetulan utility merupakan tempat gue belajar selama gue pkl di pertamina balongan. Disaat jurusan teknik mesin umumnya diletakkan di bagian maintenance saat pkl, gue malah diletakkin di unit utility. Jadi gue secara umum tau apa aja kerja yang dilakukan di unit utility dan proses apa aja yang terjadi disana. Unit Utilities itu adalah unit yang berfungsi untuk menunjang proses produksi utama, kalo di pertamina pengolahan kan produksi utamanya mengubah minyak mentah menjadi bensin, maka untuk membuat bensin ada proses yang memerlukan air, udara bertekanan, listrik, steam, dan demin. nah semua itu dinamakan produksi 2 yang dihasilkan di unit utilities. di unit ini cukup banyak terdapat mesin-mesin konversi energi. Gue sangat tertarik soalnya berbau konversi energi banget yang notabene konsentrasi gue saat kuliah.



Ga sampe seminggu setelah gue daftar gue langsung dipanggil ke purwakarta untuk wawancara. Nah setelah kepanggil langsung dah gue browsing sebenernya ini perusahaan apa. Dan ternyata pabriknya keren gede dan gue rasa kaya kilang minyak wkwk gak pake lama gue langsung tertarik untuk penuhin panggilan itu.



Bla bla bla, sesampainya di pabriknya purwakarta gue harus ke kantor satpam didepan pabrik untuk meminjam sepatu safety, helm proyek, tanda pengenal visitor dan rompi. Tanpa itu semua gue ga boleh masuk ke pabriknya. Oke setelah itu gue langsung diarahkan ke gedung HR untuk ketemu sama yang manggil gue. Disitu gue datengnya kecepetan sejam lebih, gue nunggu dulu didepan ruang HR hingga akhirnya ada yang nyamperin gue, minta salaman tapi gue tolak karena bukan muhrim, ini salah satu bagian tersusah nih selama jadi jobseeker dan mengikuti berbagai macam proses rekrutmen, selain itu gue ga nyukur jenggot gue, insyaallah sunnah rasul, disamping gue emang suka tampilan begini wkwk lagian ngapain gue cukur disaat orang lain berlomba-lomba numbuhin jenggot dengan iwak doyoque, biarin panjang panjang dah, abis ga ada yang nyuruh motong wkwk ada mbah gue nyuruh potong tapi tanpa alasan jadi gak gue potong deh hahaha. stop ngelantur, lanjut cerita !!! selanjutnya dia mengarahkan gue ngerjain psikotes dulu. Padahal itu belum sesuai informasi waktu yang diinfokan lewat email. Dan gue baru tau ternyata ada psikotesnya, gue kira langsung wawancara user. Soalnya saat manggil dia bilang kalo usernya berminat untuk wawancara.
Gue dibawa ke suatu meja di kantor HR dan ngerjain soal psikotes sendirian. Soalnya cuma kaya papi kostik dan satu lagi sejenis gitu juga. Terus setelah psikotes gue disuruh nunggu diluar kantor HR. Setelah menunggu gue dipanggil lagi oleh HR dan gue diwawancara sama HR itu.

Wawancara biasa terkait CV, pengalaman organisasi, pkl, dan tentang utility. sebenernya ada yang ga biasa sih, hal itu tercium saat gue ditanyai tentang organisasi, begini percakapannya:"mas fauzan pernah ikut organisasi apa?" "saya dulu saat kuliah ikut rohis bu" "itu kegiatannya ada apa aja mas?" "ya biasa bu, ada serangkaian kegiatan selama bulan ramadan, ada kegiatan idul adha, kita ngadain potong qurban di kampus dan di desa yang ga ada acara potong qurbannya, biasanya di malang selatan" "terus ada kegiatan tahfizh qur'an ga mas?" "untuk tahfizh qur'an belum ada bu, adanya baru tahsin, untuk tahfizh mungkin ada saat mentoring tiap minggunya sama mentor dikasih tugas untuk menghafal qur'an" "ohh jadi gini mas, sebenarnya usernya itu minta dicarikan orang yang agamanya lurus, minimal hafal juz 30 lah" "(dalam hati: "waduh") oh begitu ya bu" "mas fauzan udah hafal juz 30?" "waduh belum bu, tinggal dikit lagi hehehe" setelah itu kita bahas terkait utility di perusahaan. intinya gue gak nyangka lah bakalan ditanya kaya gitu, kalo gue tau bakalan ada kesempatan ini mah bakalan gue hafalin tuh juz 30 dari dulu dulu haha, niatnya ga bener, alhamdulillah nya gue gatau, hahaha

Terus setelah wawancara HR gue dikasih makan siang di kotak makan gitu. Abis makan sholat jumat dulu. Setelah sholat jumat baru gue diantar oleh bapak-bapak ke usernya yang kantornya ada didalam pabriknya. Untuk kekantornya gue ngeliat alat-alat proses yang sangat menarik bagi gue, banyak pipa pipa gede. Disana gue juga mencium berbagai macam aroma gak sedap kaya bahan-bahan kimia gitu, ya namanya juga industri kimia.
Sesampenya didepan ruang user gue disuruh tunggu sendirian hingga dipanggil oleh usernya. Yap seperti biasa gue ditanyain full teknis tentang utilities. Gue jawab aja sebisa gue tentang rangkaian proses utilities yang pernah gue pelajari saat pkl. Gue juga ditanya tentang skripsi, gue jawab seingetnya. Nah dia bilang jawaban gue kurang detail. Misalnya gue jelaskan air diproses di demin plant dan deaerator setelah deaerator air melewati pompa boiler. Nah ketika gue ditanya tentang proses yang terjadi pada demin plant dan deareator, mineral dan gas apa saja yang dihilangkan pada air, gue hanya bisa diam dan ngeles karna ga tau. gue juga ditanya tentang kondisi termodinamika di tiap proses, kaya suhunya berapa, tekanannya berapa, spesifikasi pompanya berapa orang gue cuma pelajari secara umum dan ga nginget2 yang detail, soalnya materi teknik mesin terlalu banyak. Soalnya biasanya ga ditanyain sedetail ini. Gue juga saat menjelaskan dengan kurang tenang.  disuruh gambar alur proses, eh garis yang gue gambar kagak lurus wkwk (kesalahan gue ini dijadikan pelajaran aja kedepannya). gue juga ditanya, kalo misalnya keterima, bagaimana kamu menghadapi para mekanik dibwahmu yang umurnya udah pada tua tua dan suka pada iri? gue jawab saya akan dekati dengan membahas sesuatu yang kita sukai, jika ada masalah saya diamkan dulu hingga emosinya mereda baru ngobrol lagi, menurut gue ini jawaban yang bener bener standar dan kurang bagus, tapi emang itu yang ada di otak gue saat itu, setelah itu kita lanjut bahas cv, tentang organisasi kaya pas di HR, terus gue ditanya lagi "hafal juz 30 mas?" waduhh ditanya lagii, gue jawab sambil ngeles dan gak berpikir panjang "tinggal dikit lagi pak hehe" "pokoknya kita tuh niatin sebelum kita mati kita harus hafal qur'an, terlepas nanti yang bisa dihafal berapa, minimal juz 30 lah" "iya pak, saya dari sd smp sma, kuliah memang di sekolah negeri terus pak jadi ga ada program menghafal qur'annya" ngeles sepontan keluar dari mulut. "nanti kalo kamu keterima disini, kamu lanjut hafalin tuh ya juz 30" "iya pak, kalo saya gak diterima disinipun saya tetap ngelanjutin tuh hafalan pak" gue ngomong gitu dengan nada agak naik karena gue takut kalo niat gue lanjutin hafalin qur'an cuma karena perusahaan ini hehehe. walaupun sebenernya gapapa, Allah kan kasih hidayah bisa lewat siapapun. "kamu kan pernah ikut rohis, berarti bisa ya kalo keterima bantu-bantu di mesjid perusahaan ini?" "bisa pak insyaallah"

Selanjutnya dia ngasih nasihat macem-macem, seperti untuk tetap tenang saat jawab, jawab dengan detail, dan dia bilang “mungkin nasihat saya bisa dipake kalo kamu wawancara ditempat lain kedepannya,kalo disini mah lingkungan agama islamnya insyaallah bagus, yang penting kamu pelajari lagi tuh tentang materi utilitiesnya, abis ini kamu balik ke HRD untuk ngerjain soal teknis, saya ingin tau kemampuan kamu, jawab sebisanya aja gapapa, nanti saya mau liat saingan kamu dulu nih ada anak ITB”. Waduh anak ITB lagi wkwk udah ketebak ini mah hasil wawancaranya :(

Setelah wawancara user gue disuruh balik ke ruang HR dan disuruh mengerjakan soal full teknis tentang termodinamika, fisika, maintenance, pompa, fan, boiler, kompressor, dan lain sebagainya.  Setelah itu gue langsung balik dari purwakarta ke jakarta. Sampe di jakarta jam stengah 12 malam. dan setelah hari itu ga ada kabar apa-apa lagi.

Sebulan kemudian, tiba tiba gue ditelpon lagi dari prusahaan ini. Ternyata gue diundang lagi oleh usernya untuk tes gambar, dan gue dikasih tes tambahan oleh HRD tentang pola-pola gambar gitu. Yaudah gue dateng aje, siapa tau masih rejeki. Gue diundang wawancara jam 1, gue rencana naik kereta jam 9. Pas gue mau masuk ke kereta, kata petugasnya, “keretanya gak lewat stasiun purwakarta, lagi ada masalah, langsung tukerin aja mas tiketnya, 100% uang kembali” loh loh lohhh, qodar Allah, gue langsung berangkat ke terminal kampung rambutan naik transjakarta untuk cari bus jurusan sadang purwakarta. Gue konfirmasi bakalan terlambat karena ada masalah tadi.
Gue sampe disana jam 2, langsung disuruh tes pola gambar gitu terus langsung diantarkan menuju tempat user, ternyata usernya ada meeting jadi gue dialihkan ke bawahannya yang masih keliatan muda, putih, kaca mata, tapi jenggotnya udah panjang banget seleher wkwk dia alumni mesin itb dan dia diamanahi user (bos) nya untuk ngetes gue masalah gambar. Gue dikasih bongkahan mechanical seal dan vernier caliper lalu disuruh buat bentuk 3D nya di Autocad dikomputer mereka. Gue coba dan gue ga bisa gue biasanya make autocad untuk gambar 2D, kalo benda 3D mah pake Solidworks atau inventor. Kenapa mereka make Autocad untuk benda 3D? Karena mereka punya nya lisensi Autocad. Yaudah gue minta ijin buka laptop dan coba buat di Solidworks, lalu gue buat sambil diajak ngobrol santai sama mereka (3 orang dalam 1 ruangan). Akhirnya, waktu pulang udah tiba, dan gue belom selesai, gue disuruh selesain di rumah dan hasilnya kirim lewat email -_- gue langsung balik naik bus. Dan kembali nunggu kabar.

Sekitar dua minggu kemudian gue terima panggilan ke telepon rumah dari perusahaan spv ini. “assalamualaikum mas fauzan, gimana kabar?” “baik bu, alhamdulilah, ini bu cahya ya?” “bukan saya bu yuli stafnya bu cahya, tadi saya call hape nya kok ga ada yang angkat ya?” “ga tau bu, saya lagi ga megang hape aja” “yaudah saya ingin ucapkan selamat mas, dari beberapa yang diwawancara user, mas fauzan yang dipilih user untuk lanjut ke mcu untuk, tapi sebelumnya saya ingin jelaskan lebih dulu tawaran benefit dari kami mas, jadi gaji bersihnya sekian, ada tunjangan tempat tinggal sekian, ada tunjangan pendidikan sekian, kalo lembur juga dibayar, di pabrik ada kantin free, transportasi juga kami sediakan, ada juga bonus perfoma tiap tahunnya, gimana mas fauzan?” “iya bu, kalo saya sih segitu cukup bu” “bener nih mas ga ada penawaran lagi?””iya bu saya cukup kalo segitu, soalnya selain gaji bersih ada beberapa tunjangannya juga, saya segitu cukup bu tapi kalo mau ditambahin ya alhamdulillah””yaudah kalo cukup saya tambahin lagi sedikit jadi sekian ya mas” dalam hati ketawa gue wkwk baru kali ini gue tawar menawar gaji. “iya bu alhamdulillah gapapa”” yaudah nanti saya kirimkan offering letternya lewat email sama surat pengantar MCU ke prodia terdekat ya besok bisa kan?, nanti hasil dan biaya MCU nya perusahaan yang tanggung””iya bisa bu, makasih”
Setelah satu minggu yang penuh harap-harap cemas akhirnya bu Yuli kembali menghubungi gue dan menyatakan gue lulus dengan catatan perlu periksa ke dokter urologi. Dan kabar lainnya hari senin minggu depannya gue langsung diundang untuk tanda tangan kontrak dan langsung masuk kerja.

Alhamdulillah, selasa sampe jumat gue siapin semua berkas yang diperlukan untuk ttd kontrak kaya npwp, rekening bank, akte, kartu bpjs, skck, kartu kunig, ktp, surat golongan darah, surat dokter. Sabtu kakak gue nikah. Minggu gue ke purwakarta cari kosan. Senin gue masuk. padet euy!

Nah kegiatan hari senin tuh gue ttd kontrak, pembagian seragam, penjelasan peraturan-peraturan perusahaan, penjelasan tentang asuransi, safety induction, pembuatan id card, abis itu langsung dilempar ke departemen dari HRD.

Alhamdulillah doa gue "Ya Allah mudahkanlah hamba untuk bekerja diperusahaan yang engkau ridhoi dan hamba senangi" insyaallah terkabul.

Seminggu kemudian setelah gue keterima disini, banyak temen angkatan gue di mesin universitas brawijaya yang diumumkan keterima di PERTAMINA, agak sedikit pengen sih ngeliatnya, tapi rasa syukur gue insyaallah mengalahkan itu semua. kalo kita ga punya rasa syukur maka nafsu kita akan terus membutakan dan menyusahkan. ada yang bilang "apabila manusia diberi dua gunung emas, niscaya dia akan meminta gunung emas yang ketiga"

Nasihat untuk job seeker!!!
sama seperti kematian, rejeki setiap orang udah ada yang ngatur, sekuat apapun kita menghindarinya, kalo rejeki itu emang tertulis untuk kita maka lari kemanapun rejeki itu pasti akan datang, sebaliknya kalo rejeki itu bukan untuk kita mau sekuat apapun kita berusaha maka gak akan dapat juga.

yang harus dilakukan jobseeker itu satu, sabar, sabar untuk terus berdoa dan berusaha sampai kita emang ketemu sama rejeki kita. karena sering kali untuk cari tempat kerja itu butuh waktu yang lama. warren baffet (orang terkaya nomor tiga setelah bill gates di nomor dua dan orang yang melakukan sholat sunnah sebelum subuh di nomor satu hehehe). warren baffet berkata: "no matter how great the talent or efforts, some things just take time, you cannot produce a baby in one month by getting nine woman pregnant"

sering kali yang dilihat orang dari kerja di perusahaan adalah gengsi nama perusahaannya dan tentu saja besar gajinya. padahal rejeki yang diberikan Allah gak selalu itu, rejeki bisa berupa dapet tempat kerja yang dekat dengan rumah sehingga mudah berkumpul dengan keluarga, bisa dengan dikumpulkan bersama orang-orang soleh di lingkungan kerja, bisa dengan dikasih kesempatan bekerja yang sesuai passion sehingga kerja jadi semangat, dijauhkan dari kesempatan maksiat dan uang haram, dan kesempatan untuk beribadah dengan tenang.

saat gue pkl di pertamina pengolahan dulu tiap pagi diputarkan lagu nasional di pintu masuk yang membuat karyawan atau setidaknya gue merasa bersemangat sekali hehe namun ditempat gue yang sekarang setiap pagi masjid perusahaan yang berada didekat pintu masuk nyetel dengan loud speaker murottalnya muzzamil. gilaa yaa tiap pagi gue terenyuh dengan keindahan suaranya, ini gue padahal laki-laki, gimana cewek ya kalo denger itu gue ga bisa bayangin perasaanya hehe

Mungkin itu aja yang bisa gue ceritakan. gue harap banyak hikmah yang bisa diambil dari pengalaman gue. usahakan untuk selalu berpikir positif dan tidak menggeneralisir sesuatu.
Niat gue cuma berbagi pengalaman dengan apa adanya, kalo ada yang ga suka mohon dimaapin ye, kritik dan saran bisa komen dibawah ya.



Follow my IG: @Fauzan612


Kira-kira untuk selanjutnya gue harus bikin postingan tentang apa nih?

26 komentar:

  1. wkwkwkkwwk ngakak si zan...lika liku bgt ya jd jobseeker, panjang bgt zan butuh waktu berjamjam baca ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih lel udah berkunjung, semoga bermanfaat yaa :))

      Hapus
  2. Jobseeking udah
    Bikin postingan tentang wifeseeking dong..

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduhh pak adri nih, jadi malu saya pak. iyaa ini lagi proses cari modal sebelum cari istri pak hehe

      Hapus
    2. ancene males komen, tapi konco. yowess. kesan: ga nyangka (eh, nyangka deng), bahasa nya sih nyeleneh dan ringan tapi bahasan nya itu loh bermakna. saran: ceritain budaya kerja plus rasa syukur bisa kerja disitu. siapa yang tau, pasti lebih banyak yg akan terinspirasi. mangats jan!

      Hapus
    3. haha apa sih tet gak nyangka apanyaa? okee tet makasih sarannya tapi aku lagi males buat postingan wkwk

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Selamat siang, saya ingin bertanya mengenai tes di svp untuk psikotesnya apa saja yah? Trimakasih

    BalasHapus
  5. Selamat siang, saya ingin bertanya mengenai tes di svp untuk psikotesnya apa saja yah? Trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemarin ada test kepribadian seperti papikostik dua sesi dan ada tes iq. maaf untuk fast respond bisa lewat ig ya, makasih.

      Hapus
  6. Jan, gua mau komentar panjang di sini boleh ya? Karena gua juga suka nulis dan seneng aja baca-baca tulisan orang.

    Pertama, ini tulisan kepanjangan banget. Mungkin kalo gua jadi lu bisa dibikin beberapa part, sehingga masih ada space kalau misal engga sempet baca langsung. Gua baca ini dari makan sahur sampe selesai solat subuh gua lanjutin.

    Kedua, ini kayak kurang diberi jarak gitu ya antartulisan? Jadi kayak langsung bablas engga ada paragraf yang memisahkan. Kadang gua sampe nandain sendiri udah baca sampe mana.

    Kalau soal yang bagusnya, ini tulisan berbobot banget apalagi buat anak-anak yang baru lulus mau masuk kuliah jurusan Teknik misalnya, mereka ngiranya ya nanti kerja di Pertamina terus gajinya gede, padahal aslinya pas baca cerita lu mungkin mereka engga sekedar tau enaknya aja. Jadi gua bakal share tulisan ini di instagram story gua ya nanti. Buat anak murid gua.

    Terus juga tentang idealisme lu yang kuat, mungkin kalo gua jadi elu ya namanya masih fresh graduated bakal nerima aja ditempatin di mana lumayan cari pengalaman kan, tapi elu tetep maunya yg lu pengenin.

    Udah gitu gua dapet pelajaran dari tulisan ini sekarang doa gua ngikutin doa lu ke Tuhan. Gua minta dapet kerjaan yang diridhoi dan gua senangi, anjayyy sumpah gua terinspirasi, Jan.

    Oh iya, gua suka gaya lu bercerita. Informasinya dapet, bahasanya engga kaku, terus masih sempet ngelawak anjir bau2 jilidan skripsian hahaha.

    Tulis terus, Jan. Tentang kerjaan yang udah lu dapet gimana kelanjutannya.

    Lu juga kalo iseng2 bisa main ke blog gua: ulpahsm.blogspot.com hehehe. keep writing, keep inspiring! :)

    BalasHapus
  7. Semangat terus mas Fauzan n terus bersyukur apa yg kita peroleh itu lh yg terbaik buat kt.insyaallah, Allah akan memudahkan urusan kt n meluaskan rezeki dr mna saja😅😊

    BalasHapus
  8. ane seminggu lulus, dapet panggilan, selang seminggu lagi keterima gan 😂 tapi gak di ambil karena masih pengen ngoyo

    BalasHapus
  9. Interview user di PT. Sayap mas utama pake bahasa indo apa inggris gan?

    BalasHapus
  10. Interview user di PT. Sayap mas utama pake bahasa indo apa inggris gan?

    BalasHapus
  11. Interview user di PT. Sayap mas utama pake bahasa indo apa inggris gan?

    BalasHapus
  12. Bang, screening test di pertamina tu kayak gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu itu jaman saya screening test itu seperti test online dengan soal soal psikotes yang simpel. Gitu, tp sepertinya tahapan rekrutment tiap tahun beda beda tergantung vendor rekrutmentnya

      Hapus
  13. Baru baca tp best lah mas, sama sama jobseekers tp tertunda karena virus covid😃

    BalasHapus
  14. Semoga lancar gann job seeking nya

    BalasHapus
  15. MasyaAllah, Tabarakallah mas. Ternyata yang baik menurut kita, belum tentu baik menurut Allah. Hafalan juz 30nya udah kelar blm mas? hahaa. Jadi semangat lagi buat nyari kerja.

    BalasHapus