Rabu, 03 April 2019

Rasanya Kerja di Pabrik Kimia #WorkLife

Selamat datang di blog gue, saat ini gue udah bekerja selama satu tahun empat bulan di perusahaan pabrik kimia milik Austria yang terletak di Purwakarta, yaitu PT. South Pacific Viscose, Lenzing Group (Bukan tempat kerja yang terkenal)



jadi inget bapak gue pernah ngomong sama gue "diq, bapak kepengen gitu loh kalo kamu kerja di tempat yang terkenal, suzuki, honda, daihatsu, kan enak cerita ke orang orang, sekarang kamu kerja dimana? south apa dah...? pacific apa...?"

jangankan bapak, aku juga pengen kerja di tempat yang terkenal wkwkwk dan yang gajinya gede, dan yang kerjanya santai, dan yang deket rumah, plus liburnya banyak, hahaha aamiin ya robbal alamiin.

...sebelum lanjut baca, diaminin dulu dong, gak sopan kamu!!!  -_-

yahh setidaknya ini adalah kerja yang akhirnya gue dapetin setelah sekian lama berjuang jadi jobseeker. patut disyukuri. yang dulu susah cari kerjaan mana suaranyaa? i feel you brother!!! untuk yg belom tau perjuangan gue sebagai jobseeker, lu bisa baca di postingan sebelumnya. untuk yang udah tau lu bisa baca lagi, kan udah tau ngapain baca lagi? udah baca lagi aja, gue aja suka baca lagi kan seru , siapa tau dapet inspirasi lagi hahaha maksa.



okeh. pertama kali kerja, gue merasa sangat senang dan bergairah. senang karena akhirnya gue kerja juga setelah sekian lama jadi jobseeker. bergairah karena gue kerja di tipe pabrik kimia, bukan karena banyak bau bau bahan kimia yang beuhh rasanya ga enak. uwekk uhuk uhukk... tapi gue bergairah karena gue rasa banyak sekali ilmu yang bisa gue serap selama gue kerja disini.

di tulisan kali ini gue mau share pengalaman gue kerja selama ini dari sisi teknis dan non teknis. gue mulai dari mana ya? dari sisi teknis dulu deh, sorry sorry deh ya untuk lu yang bukan teknik mesin kalo misalnya tulisan gue ini sulit dimengerti.

[BAHASAN TEKNIS] -->> tolong dibacanya make nada doraemon saat ngeluarin alat dari kantong ajaib

gue kerja di departement utility untuk bagian maintenance dengan job title utility engineer dengan jobdesk sebagai mechanical maintenance planner, paralel gue juga sebagai drafter internal departement, paralel gue sebagai koordinator sertifikasi pressure vessel dan tank untuk internal departement dan job lainnya yang diluar jobdesk. haduh, ketahuan deh kalo jobdesk gue dobel dobel tapi gajinya cuma single. curhat. hiks. mungkin emang karena gue nya masih single jadi dikasih rejeki sama Allah nya masih single. stop! mohon maap harus gue potong, kalo ga dipotong bahasan gue emang suka kemana manaa, mohon maaf, tapi hatiku gak akan kemana mana kok tetap disini menunggu mu. skip.

yap, intinya gue ada di departement utility bagian maintenance. btw, disini gue disuruh ganti nama panggilan dari Fauzan menjadi Shiddiq karena sudah ada senior yang bernama pak Fauzan, karena suka bingung kalo ada dua nama fauzan, dan takutnya jadi ga enak kalo dikasih julukan untuk membedakan fauzan gendut dan fauzan ganteng, biar bos ga bingung makanya gue disuruh ganti nama panggilan jadi shiddiq. it is okay for me, gue juga udah biasa kok dipanggil shiddiq, yang ga biasa adalah kalo ada yang manggil gue sayang. skip.

EH INI APAAN SI?! ANJIR kok bahasan gue kemana mana terus, kaya nya hari ini bukan hari yang cocok untuk menulis. lanjut besok ajalah.


maafin gue yang kemarin. oke mari kita mulai lanjutin tulisan ini dengan pertanyaan. tapi pertanyaannya jangan lu jawab, biar gue aje yang jawab kan gue yang mau cerita, takutnya nanti lu jawab lagi.

lu kerja di bagian apa jan? departement utility. apa itu departement utility? departement utility adalah departement yang membantu departement produksi utama untuk keperluan produksi. kalo ditempat gue departemen produksi utamanya bertugas memproduksi fiber (serat rayon), jadi mereka megang mesin mesin produksi fiber, mereka disebut departement fiber. nah kalo departement utility itu tugasnya adalah menyediakan kebutuhan departement fiber berupa air, angin, uap, listrik, indomie, kopi, gorengan. singkatnya utility itu departement PEMBANTU deh. jadi style kita kerjanya make daster, bau ketek, gosip sama pembantu pabrik sebelah, make up tebel biar dilirik kang ketoprak.

huffthh.... oke, maafkan,... gue mulai serius deh, jan...jan...ji :(

departement utility itu bertugas mendukung departement produksi utama dengan mengoperasikan dan merawat air compressor, chiller, ac, ahu, air conditioner, boiler, turbin, pompa, piping, pressure vessel, tank, water treatment plant, nitrogen generator, hydrant.pokoknya yang diurusnya buanyak pol gak karuan. dari area basah (water treatment plant) area kering (kompresor) area panas (boiler) area dingin (chiller) rotating dan static, preventive maintenance, juga breakdown maintenance, posisi equipmentnya pun tersebar dari ujung ke ujung pabrik. ya Allah ampuni hamba. emang sih, dari semua yang diurus dibagi per beberapa orang supervisor. tapi tetep berat. loh emang job desk lu apa jan? nah, gue seneng ada yang nanya begitu, walau yang nanya adalah gue sendiri hahaha. jobdesk gue sebagai mechanical maintenance planner plus drafter jadi gue support mereka (supervisor) semua dari sisi sparepart, schedule, admin, gambar, dan kadang juga problem solving. jadi gue pembantunya pembantu. kadang gue juga sebagai supervisor cadangan, gantiin kalo ada supervisor yang ga masuk. yang bikin agak menghelus dada adalah karena jumlah equipmentnya tuh banyak banget. tapi jujur, ini sih gue yang menyimpulkan jobdesk gue sendiri, abisan ga dikasih jobdesk tertulis dengan jelas, kalian gitu ga sih? disini karena aktualnya job gue macem macem, nah gue menyimpulkan jobdesk ini berdasarkan dari kerjaan yang paling banyak gue terima. tapi job title utama gue sekarang udah jelas, jadi mechanical maintenance planner.



kalo dibandingkan sama tempat kerja temen temen gue terkait masalah kesesuaian dunia kerja dengan ilmu saat kuliah dulu mungkin gue salah satu yang cukup sesuai. kenapa gue bahs ini? soalnya setelah sharing sama temen temen, banyak dari mereka kerjaannya gak sesuai dengan ilmu kuliah teknik mesin dulu. contohnya ada yang kuliah teknik mesin kerja jadi admin, mending kalo jadi admin perusahaan tambang, perusahaan konstruksi, perusahaan manufaktur, lah ini jadi admin akun gosip coba. akun gosip artis korea lagi. ngomongin rumor jennie blackpink yang pacaran sama produser musiknya, atau ngomongin personil Big Bang atas skandal chat mesumnya, weleh welehhh ga penting blas. lagian ga mungkin jennie mau sama produser musiknya, mukanya kaya nasi uduk gitu.


gue janji mau serius kali ini, ga ada bercanda bercandaan lagi, lagian kan kita kenal udah lama, ortu kita juga udah mendukung, saatnya kita serius, APAAN SIH ANJIR, PLISS FOKUSS :(

bismillah
kalo dulu gue belajar tentang teknik mesin secara garis besar dibagi menjadi empat, yaitu konversi energi, material, konstruksi, dan produksi. yah disini ilmunya kepake.

dimana sisi konversi energi nya? mekanika fluida dan termodinamika broo. contohnya itu saat gue membahas kondisi operasi mesin atau pipa. mainannya disekitar pressure, temperature dan flow fluida sebagai output sebuah mesin baik itu pompa, kompressor, boiler, ataupun chiller.

dimana sisi material nya? itu saat gue menentukan material yang cocok untuk pipa atau sparepart sesuai dengan fungsinya. kalo untuk pipa air dingin bagusnya make steinless steel, tahan korosi, kuat tapi mahal, kalo mau yg murah make karbon steel jg gapapa, tp cepet rusak, pipa steam wajib make karbon steel, kalo make steinless dia ga cocok, soalnya steam panas, kalo make yg getas takut crack, kalo make karbon steel lebih elastis, khususnya untuk mengantisipasi thermal strain. kalo galvanize biasa cuma dipake untuk handrail aja, atau untuk air low pressure low temperature. begitu juga menentukan material sparepart, contoh pada pompa, shaft materialnya harus lebih kuat daripada sleeve. kalo sleevenya biasa make mild steel, shaft make baja tarik ST brapapun insyaallah cukup.



dimana sisi produksinya? itu saat gue butuh sparepart, misal poros pompa, tapi stock dari vendornya lagi kosong, yaudah gambar sendiri, nyari stock round bar polos/besi pejal, trus minta bubutin ke orang workshop, gue cuma bikin gambar plus toleransinya. kalo ga ada toleransinya, gambar bakalan dibalikin coy sama orang workshop yang galak galak mirip asisten senior tukang ngospek jaman kuliah dulu. tapi kalo dari manual booknya udah ada gambarnya yaudah ga usah digambar lagi. dan segala hal tentang welding sepertinya dekat dengan materi produksi di kuliah dulu. contohnya kaya kalo mau nyambung antar steinless steel make kawat las apa, mild steel, alumunium, carbon steel, semua menggunakan tipe kawat las yang berbeda beda,  belum lagi kalo mau nyambung logam yg berbeda jenis.

dimana sisi konstruksinya? itu contohnya saat ada masalah terkait piping, kaya yang saat ini lagi gue tangani, pipa steam (uap) 10 bar diameter 8 inch sepanjang kira2 300-400 meter bergeser tidak beraturan beberapa centi sampe pipe support nya jatoh dari horizontal beam pada kolom beton dan ga bisa balik lagi, bahkan ada pipa stram trap yang putus karena nabrak horizontal beam beton. kita langsung panggil konsultan dari india untuk melakulan studi kasus dan pipe stress analysis, dari india? jauh banget. iyaa karena yang milih konsultannya adalah senior manager gue yang juga orang india, mungkin dia ingin menguntungkan rekan sebangsanya hehehe

Contoh lagi, dulu pas kuliah, gue diajarin tentang gambar teknik dan gambar mesin, bahkan gue sampe jadi  asisten gambar mesin, bahkan gue sampe partisipasi di lomba nasional desain mesin tahunan dua kali, bahkan sampe pernah angkat piala waktu di ITB dan bawa pulang uang hadiah dua digit, wooelah diungkit ungkit segala, yailah rekk.

iya kalo dulu gue gambar sparepart mesin aja, sekarang disini gue juga gambar sparepart mesin, ditambah P&ID, PFD, isometric pipe drawing dan simple layout. software gambar yang dipake ya sama kaya saat gue kuliah dulu, Autocad dan Solidwork.



kapan gue perlu gambar sparepart? saat sparepart original lagi kosong dan kita perlu produksi sparepart sendiri make material sendiri, kaya contoh shaft pompa diatas.

kapan gue perlu gambar isometric pipe drawing? saat supervisor fabrikasi mau bikin jalur pipa baru, biasanya kita kelapangan bareng untuk ngukur dimensi jalur pipa yang mau di fabrikasi dan diskusi terkait material. lalu gue gambar isometric pipe drawing sekaligus menentukan BOM nya (bill of material).

kapan gue perlu gambar P&ID (Pipe and Instrument Diagram) atau PFD (Process Flow Diagram)? saat setelah ada jalur pipa selesai dibuat, maka kedua gambar itu harus di update.

dari segi teknis, intinya sebenernya ilmu yang bisa di praktekkan ada banyak beut, tp sayangnya karna pengetahuan gue sedikit, gue jd harus lebih banyak belajar. yang gue sebutkan diatas aja udah cukup banyak ilmu teknis yang harus diketahui, belom lagi pengetahuan tentang korosi, bearing, lubricant, electrical, instrument dan lain lain, waduh pusing. merasa bego gue disini ga ngerti apa apa wkwk

dari segi safety juga bekerja disini tuh cukup berbahaya, we deserve more apreciation here hehe bener, apa aja sih bahaya nya? dari bekerja di ketinggian, pressure dan temperature tinggi, zat kimia beracun mudah meledak korosif, bekerja di ruang terbatas, macem macem bahayanya, totalnya ada 10 kalo dari materi hirac (hazard identification risk assesment and control). karena kerja di pabrik kimia kaya gini penuh bahaya makanya tidak jarang terjadi accident, jatoh lah, tersiram air panas, kejepit mesin, kena zat kimia, dan lain lain. makanya pabrik gue tiap tahun hampir ga pernah dapet penghargaan zero accident semenjak berdiri 35 tahun yang lalu. eh tapi katanya pernah dapet sekali di tahun 2012 apa kalo ga salah. gue pun ga jarang kerja di tempat yang berbahaya, naik naik tangga monyet untuk ngecek pipa diatas pipe rack, haduh tiap dalam kondisi kaya gitu gue selalu inget anak istri di rumah takut kalo terjadi apa apa nanti. haduh kambuh dah.

Karena kerja di pabrik kimia itu berbahaya makanya biasanya gajinya tuh pada..... tapi disini  kok malah.... ah sudah lah wkwkwk kata management perusahaan mah, sorry bray duitnya udah kepake buat beliin alat alat safety elu elu pada.



selain teknis tentang ilmu teknik,  disini juga dituntut rapih dalam segi administrasi, birokrasi, dan history. jadi setiap melakukan pekerjaan baik itu perawatan, perbaikan, persiapan sparepart, semua memiliki tahapan tahapan adminstrasi, birokrasi, dan historical record yang harus dilakukan. dipabrik gue menggunakan sistem aplikasi komputer yang bernama SAP system. sistem ini juga banyak dipake di tempat tempat lain. simpelnya ini adalah aplikasi komputer untuk management maintenance. iya ini lebih ke untuk maintenance, kalo bagian operasi mesin, make aplikasi komputernya bernama PIMS yang dapat mendisplay dan merekam kondisi operasi setiap mesin yang ada dilapangan. kedua aplikasi tersebut dapat diakses oleh semua komputer yang ada di pabrik bahkan terhubung juga hingga lenzing, austria. hanya saja setiap user komputer memiliki authority yang berbeda beda.

oke mungkin saatnya kita lanjut ke bahasan non teknis.

[BAHASAN NON TEKNIS] -->> tolong dibaca sekali lagi make nada doraemon saat ngeluarin alat dari kantong ajaib

aduh gue harus mulai dari mana ya, oke deh biarkan mengalir aja yaa.

jadi gini, dalam dunia kerja tuh idealnya kita dituntut harus bisa bekerja dalam tim, harus bisa saling membantu, ga ada lagi tuh cuma bisa jadi benalu kaya tugas kelompok jaman kuliah atau sekolah. hayoo siapa yang dulu cuma bantuin ngeprint doang? hayo ngaku, atau siapa yang cuma numpang nama doang? hayo ngakuu, ngaku lu, anjir woy ngaku lu woy!!!



kenapa kita harus bisa bekerja dalam tim? karena pekerjaan ada banyak sekali dan kemampuan kita terbatas, yah ada aja sih tipe kerjaan yang emang harus dikerjain sendiri,contoh kerjaan admin, tapi gak mungkin semuanya, sering kali kita harus bisa bekerja sebagai tim. nah disini mungkin gue bisa mulai membahas sisi non teknis dari bagaimana kita berhubungan dengan orang lain.

saat gue mulai kerja disini, umur gue adalah 22 tahun, dan gue mengetahui bahwa rata rata temen temen gue dalam satu departement memiliki usia rata rata 30-40 tahun. baik yang levelnya setara, maupun bawahan. kebayang gak sih lu, kalo lu harus nyuruh mekanik yang lebih tua dan lebih berpengalaman daripada lu untuk melakukan sesuatu kaya ngencengin baut misalnya. gimana kalo karakter mereka keras, karakter mereka kaya preman, gimana kalo respon mereka malah "kerjain aja sendiri!!!". tentu dalam kondisi seperti ini sepinter apapun elu dalam hal teknis,ilmu lu ga bakalan membantu. tentu kita bakalan cukup kagok, karena bagaimana kita bersikap kepada orang yang lebih tua itu agak beda.


jadi yang gue simpulkan, ketika kita masuk kedalam suatu lingkungan kerja, yang harus pertama kali kita lakukan adalah mendapatkan respect mereka secara objektif kepada kemampuan kita sampai mereka lupa untuk melihat identitas kita umur, pengalaman, suku dll.

kedua, tumbuhkan kesadaran untuk bekerja sesuai dengan yang seharusnya dikerjakan. kalo mereka sudah sadar akan pekerjaan mereka, dan bisa saling respect maka kerjaan akan berjalan dengan enak.

ketiga, penuhi kebutuhan mereka untuk melakukan pekerjaan tersebut. contoh, elu butuh mekanik untuk buka baut, maka lu harus sediain kunci nya untuk buka baut tersebut, kalo lu butuh mekanik untuk ganti oli, maka elu harus sediain oli nya.

mungkin itu untuk yang levelnya beda atau dibawah secara posisi, kalo untuk yang levelnya setara, lu harus bisa saling bantu, kalo mereka butuh bantuan, lu harus bisa bantu sebisanya, kalo minjem alat dibalikin !!! nah kalo lu udah merasa cukup sering membantu, maka jangan sungkan untuk minta bantuan, atau tanya tanya sesuatu, semua ini juga untuk kebaikan bersama kan.


ohiya, jangan lupa, kalo pas pasan dijalan, wajib nyapa, salam atau senyum, kalo bisa kita duluan yang junior. itu penting ituu.

kalo ngobrol juga jangan urusan kerja atau hal hal yang serius aja, bercanda lah, bangun hubungan pertemanan dengan rekan kerja kita walau umurnya beda jauhh. dengerin keluh kesah mereka, jadilah tong sampah atau jamban yang siap melahap sampah sampah keluhan rumah tangga atau tokai tokai keluhan pekerjaan mereka. biasanya mereka butuh tempat untuk didengar. setelah bercerita mereka pasti merasa lebih lega, seperti abis eek.

kalo sudah ada hubungan pertemanan maka kerjaanlu jadi lebih enak, lu melakukan hal salah pun ada yang menenangkan, lu disalahin pun ada yang belain, lu butuh bantuan pun ada yang bantuin, enak deh kalo udah gitu mah. bisa saling bully sama orang tua, tapi ya tetep yang paling banyak di bully itu yang masih bujang. sad.

selain itu, menurut gue, ada tips yang paling ampuh dan naturally work well untuk meningkatkan solidaritas dengan rekan kerja yaitu MEMILIKI MUSUH YANG SAMA. siapa musuh yang sama itu? ya BOS LAH HAHAHA, udah pasti bakalan makin akrab sama rekan kerja. soalnya obrolannya bakal nyambung hahaha astagfirullahaladzim.


untungnya, temen temen gue disini rata rata cukup baik sama gue, bisa saling menghargai. alhamdulillah. walaupun di awal awal dulu pressure nya lumayan besar juga karena apa? bahasa. iya, orang orang disini lebih suka make bahasa sunda daripada bahasa indonesia, gue merasakan pressure karena gue ga bisa bahasa sunda, ga ngerti mereka ini ngomong apa, ga ngerti apa gue akan bisa bergaul dengan mereka atau engga. apalagi pekerja kontraktor atau outsourching yang kebanyakan orang sini asli (orang sekitar pabrik) dan berpendidikan rendah, susah banget kayanya mereka make bahasa indonesia, gue aja ampe sekarang masih sulit bergaul dengan mereka.  walaupun suka makn futsal bareng bahkan sampe dapet piala di acara 17 an pabrik. untungnya untuk level mekanik ke atas bisa memaklumi kalo gue ini ga bisa bahasa sunda. jadi progress gue dalam beradaptasi jadi lebih mudah.

oiya, terus dalam bekerja sama itu gesekan gesekan sama orang lain adalah hal yang wajar terjadi. debat lah, saling ngomongin di belakang lah, iri irian lah, wadaw, seperti hal yang biasa. tidak usah terlalu dipikirkan. terus, ada lagi penyakit karyawan yang sering gue lihat, yaitu merasa lebih sibuk dari orang lain tapi gaji tidak lebih besar. elu ngerasain ga? memang ini dunia yang sesungguhnya menguji kita untuk sabar dan syukur hahaha.

dulu guru les gue pernah bilang, didunia kerja itu bukan tempat nyari temen, tempat nyari temen itu di sekolah atau di kampus. bener juga sih, jadi siap siap kecewa aja kalo nyari temen di dunia kerja, karena yang kita semua pikirin saat bekerja itu ya uang. kalo udah paham, jadi mau terjadi gesekan, mau debat panas, iri irian, saling ngomongin dibelakang, ya ga usah diambil pusing, toh mereka hanya rekan kerja, kalo emang udah gak nyaman kita bisa pindah ke tempat kerja baru, ketemu rekan kerja baru. sedangkan teman kan ga bisa kaya gitu, berteman kan gak terbatas dimana tempat kerja kita kan?

mostly lingkungan disini bagus, orangnya baik baik, yah ada satu dua orang lah yang reseh, masjidnya ada diluar pabrik inti, masih dikawasan pabrik, cukup rame jamaahnya, tipe tipe kelojeng dan perkaci cukup banyak. apa tuh? kelompok jenggotan dan persatuan katok cingkrang (celana) hahaha. walau masjidnya diluar, tapi mau keluar masuk pabrik untuk sholat masih fleksibel, bahkan ada karyawan yang keluar pabrik untuk ngeroko di jam kerja, soalnya di dalam pabrik ga boleh ngeroko. itu gimana si supervisornya. welwh welwj. dan kembali ngomongin masjidnya, cukup bikin nyaman, tiap rabu atau selasa ada kajian ba'da zuhur, tiap abis jumatan dikasih kue, tiap 3 bulan sekali abis jumatan ada makan makan. cukup nyaman alhamdulillah.

okelah, mungkin segitu dulu sebelum post ini jadi lebih panjang, takut nanti pada protes kepanjangan. jangan lupa beri masukan di kolom komentar ya, next insyaallah gue bakal cerita beberapa kejadian di dunia kerja gue ini, tadinya mau dimasukin post ini tapi takut kepanjangan. kurang lebihnya mohon maaf. terimakasih sudah membaca :)



5 komentar:

  1. Mas, masih kerja di SPV sana?
    Boleh nanya2 ngga.
    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf saya sudah pindah dari spv, kalo mau tanya2 lewat ig saja

      Hapus
  2. Mas masihbl di SPV Lenzing, mau tanya2 donk.s
    Tolong bales email ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf saya sudah pindah dari spv, kalo mau tanya2 lewat ig saja

      Hapus