Senin, 21 Oktober 2019

Enaknya Kuliah di Universitas Brawijaya


Enaknya Kuliah di Universitas Brawijaya



bagi yang belum kenal, nama gue Fauzan, asal Tangerang, gue kuliah di UB  dari tahun 2013 sampe  tahun 2017, alhamdulillah lulus tepat waktu 8 semester, gue kuliah di jurusan Teknik Mesin, gelar S1.
kali ini gue mau sharing terkait enaknya kuliah di Universitas Brawijaya atau disingkat UB berdasarkan apa yang gue rasakan selama kuliah. cekidot.



1. Iklim Sejuk
untuk gue yang dari tangerang atau teman teman lainnya yg berasal dari daerah yang beriklim panas pasti banyak yang mendambakan bisa hidup di iklim yang sejuk, biasanya kota yang tenar untuk ini ada dua, kalo ga bandung ya malang, Universitas Brawijaya ini terletak di kota malang yang dapat membuat ke(d)inginanmu menjadi nyata, walaupun katanya malang sekarang tidak sedingin yang dulu tapi tetep aja bagi gue dan teman teman yang berasal dari kota panas ini sudah cukup bikin menggigil. apalagi airnya, bisa bikin males mandi saking dinginnya, lagian karena dingin ini jadi kita jarang berkeringat dan merasa bersih, jadi mandi itu sudah tidak lagi diperlukan 😂 malang bisa lebih dingin dari biasanya saat musim maba datang. siap siap selimut guys.






2. Biaya hidup murah
biaya hidup di kota malang relatif lebih murah daripada kota kota besar lainnya seperti jabodetabekkar, kalimantan, papua, riau, surabaya, bandung, hehe mungkin cuma jogja dan solo kota pelajar yang punya biaya hidup lebih murah. ada toko favorit mahasiswa malang karena jual barang barang dengan harga murah yang namanya SARDO (Sarana dan Doa), kantong sardo mana suaranyaa.





3. Makanannya enak enak
karena udaranya yang dingin, biasanya kita kita ini jadi gampang laper. untungnya malang makanannya enak enak dan murah murah hahaha bahagiaa, 85 persen mahasiswa rantau yang kuliah di malang bakalan tambah gemuk, eh sorry maksud gue 87.5 persen. gue aja saat datang ke malang berat badan gue 55kg, dan saat jadi mahasiswa akhir berat badan gue sempet nyentuh 78kg, wkwk ada bakso malang, tahu telor, nasi lalapan ayam, nasi goreng, mie mie an, enak enak dah pokoknya, kalo mau yg agak barat2an ada pizza combi, burger buto, baegopa 🤤






oke mungkin tiga poin teratas masih secara umum ya lebih terkait ke kota malangnya, poin selanjutnya gue akan berusaha lebih spesifik tentang enaknya kuliah di universitas brawijaya.

4. Pengobatan Gratis di Poliklinik UB
gue kurang tau si, dulu namanya emang cuma Poliklinik tapi kok gedungnya lebih gede dari rumah sakit, apa itu sekalian gedung kuliah fakultas kedokteran yaaa, peduli setan lah, yang jelas kalo lu sakit ringan kaya flu, batuk, pusing, panas, meriang, penyakit kulit, luka, koreng,pokoknya penyakit yang rawat jalan gitu, lu bisa berobat gratis di poliklinik UB. enak kan, ga perlu keluar uang untuk berobat, tapi kalo bisa jangan sampe sakit yaa, banyak banyakin makan ajaa, jangan takut gemuk, gemuk itu gapapa asal sehat dan asal bukan gueee.





5. Akses Internet Gratis di area kampus
di UB hampir setiap area ada wifi gratisnya, lu tinggal masuk ke portal, masukin nim dan passwordlu, maka lu bisa internetan deh, jadi bisa hemat kuota bagi mahasiswa yang keuangannya terbatas, setiap mahasiswa punya tempat favorit untuk internetan, yang paling rame si di gazebo perpustakaan dan gedung widyaloka. kalo tempat favorit gue untuk internetan si di ruang asisten gambar teknik, jurusan teknik mesin hahaha kecepatannya cepat sekali, dan ada komputernya juga hahahaha bahagiaaa bisa nonton anime dan film sepuasnya 😂

6.Akses untuk Jurnal Internasional
wah, fasilitas ini sudah sangat membantu gue saat menyusun skripsi. dengan menggunakan internet kampus, otomatis gue sudah bisa mengakses banyak jurnal jurnal internasional yang bisa gue jadikan sebagai referensi menulis skripsi. mantap jiwa. website jurnal favorite gue dari dulu adalah sciencedirect, top markotop.

7. Pendanaan untuk Lomba
salah satu alasan kenapa mahasiswa brawijaya banyak yang berprestasi karena mereka didukung oleh universitas berupa dana untuk lomba tersebut. kalo gue yang suka ikut lomba karya tulis dan desain mesin biasanya dapet dana berupa akomodasi aja kaya transport, kalo pulau jawa make kereta, diluar jawa pake pesawat, hotelnya, makan nya, keperluan lomba nya kaya poster, proposal dan lain lain. ini cerita aja ya, dulu gue pernah lomba desain mesin empat orang ke banjarmasin, cair 8 juta cuy untuk akomodasi, dulu harga tiket pesawat masih 500 rebu hahaha. gue juga pernah lomba desain mesin di itb, naik pesawat, saat itu duitnya belom cair, jadi make uang sendiri dulu,eh pas mau laporan pertanggung jawaban dana malah ga diterima, karena didalam pulau jawa kok naik pesawat, wakil dekan ga mau tanda tangan, waduh akhirnya duitnya ga cair, untung aja juara, jadi bisa ketutup make uang hadiah hahaha kalo untuk lomba mahal seperti contoh mobil hemat energi, duit yang cair bakal lebih banyak lagi cuy, mungkin bantuan dari univ bisa sampe diatas 50 juta.

8. penghargaan bagi yang juara lomba
gila sih, universitas brawijaya emang full support banget untuk prestasi mahasiswanya, makanya mahasiswa brawijaya banyak banget yang berprestasi. wajar aja kalo rekor juara umum pimnas terbanyak yang merupalan ajang lomba paling bergengsi di indonesia masih dipegang Universitas Brawijaya. gue pun sempat beberapakali mendapatkan penghargaan ini, alhamdulillah, penghargaannya berupa uang, besarnya tergantung tingkat juara yg didapat, juara satu, dua, atau tiga, lingkup lomba, nasional atau internasional, tipe peserta lomba,  perseorangan atau kelompok. nilanya lumayan guys sampe berjuta juta. siapa aja yang memenangi lomba dengan mengharumkan nama kampus maka berhak mendapatkan penghargaan ini, disisi lain, beberapa fakultas juga menerapkan sistem yang sama, salah satunya adalah fakultas teknik, jadi contohnya misal gue juara lomba, gue dapet uang penghargaan dari universitas dan gue juga dapat uang penghargaan dari fakultas, wueannaaakkkkk





9. Tidak terlalu luas
letaknya yang berada di tengah kota malang membuat universitas brawijaya tidak seluas universitas bergengsi lainnya yang letaknya dipinggir kota, jadi brawijaya itu kalo ngebangun keatas karena emang ga ada tanahnya, lu liat aja gedungnya tinggi tinggi, kenapa enak? enak bro, jadi mau kemana mana deket, mau ke masjid, perpus, lapangan, kantin, semua bisa dicapai dengan jalan kaki, tidak seperti ugm, dan ui yang luas banget, tapi ga se kecil itb juga, coba sekali2 jalan jalan di universitas brawijaya guys, kampusnya bagus. menurut gue hehe

10. fasilitas lengkap
sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia, setidaknya menurut gue hahaha, brawijaya didukung oleh fasilitas yang lengkap, apalagi akreditasinya sudah A dari dulu, banyak didukung oleh laboratorium mumpuni disetiap jurusannya, mesjidnya bagus dan megah, gedung kemahasiswaannya juga mumpuni, perpustakaannya cukup bagus, fasilitas olahraganya juga lengkap, gym, lapangan futsal, lapangan volley, lapangan bola, lapangan rekorat, dan sebagainya.




sekian poin poin tentang enaknya kuliah di universitas brawijaya yang bisa gue share. semoga bermanfaat yee, kurang lebih nya mohon maaf guys, terimakasih universitas brawijaya yang bisa membuat gue berkuliah dengan sangat nyaman disana. pamit.

4 komentar:

  1. enakan kuliah di itb..


    #walopuntetepajasusahdapetkerja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yiyalah enakan di itb, terbukti mahasiswanya banyak yang nambah semester saking betahnya 😂

      Hapus
    2. saya di ub dan alhamdulillah mantap, walau semes depan sudah tidak maba lagi

      Hapus
  2. Wuih UB nih anak teknik nih, 1 2 3 teknik! Haha, ane anak MIPA gan, nyasar gara2 ngeliat tulisan pengalaman interview kerja si wings

    BalasHapus