Selasa, 27 Januari 2015

My Solidworks Projects

assalamualaikum semua, kali ini gue akan menunjukkan hasil latihan project solidworks gue. gak ada salahnya kan ya kalo gue memposting hasil latihan solidworks gue selama ini di blog gue sendiri hehe :)



sebelumnya gue ingin menjelaskan secara bebas apa itu solidworks. solidworks adalah salah satu software/aplikasi yang biasa digunakan orang teknik mesin untuk mendesain suatu elemen mesin. solidworks memiliki berbagai macam fitur yang memudahkan penggunanya dalam mendesain. menurut gue solidworks ini memiliki kelebihan yaitu software desain paling mudah digunakan untuk mendesain suatu mesin dalam bentuk 3D dibandingkan software lainnya (maksudnya autodesk inventor). tapi solidworks juga punya kekurangan yaitu hasil gambarnya ga sebagus software lainnya (maksudnya autodesk inventor). hehe

yang gue tau software desain mesin yang paling terkenal dan bagus ya cuma dua itu. solidworks dan inventor. kalo solidworks diproduksi oleh dessault system, kalo inventor diproduksi oleh autodesk. menurut gue, dari kedua itu yang paling enak dipake untuk belajar yaitu solidworks. lalu kalo solidworks udah bisa baru deh belajar inventor. kalo gue kondisinya saat ini lagi belajar inventor, mohon doa nya ya semoga proses belajar gue dilancarkan. dan dimudahkan untuk memenangkan lomba-lomba desain mesin kelak, aamiiiinnn :)


langsung saja gue akan menampilkan hasil latihan gue dari awal gue latihan sampe udah lumayan bisa, walaupun gak sebagus gambar-gambar solidworks di google tapi yaa nilai sendiri aja dah,  cekidot :



1. JOINT BASE



2. HEADPHONE




3. KUNCI PIPA




4. MAINAN LEGO MAN
(MAAF ITU DITAMBAHIN BACAAN BIAR KEREN HEHE)




5. PISTON




6. SKATE BOARD




7. RODA SEPEDA




8.BUS PATAS AC 44 PASAR SENEN - CILEDUG




9. MOBIL PROTO LISTRIK






10 MAINAN HELICOPTER REMOTE CONTROL



walaupun pemakaian solidworks lebih mudah daripada autodesks inventor, tapi ya semudah-mudahnya gambar mesin ya masih susah juga. butuh latihan yang intensif. gue sendiri juga ga langsung bisa buat satu part, pertama pelajari kegunaan beberapa fitur.lama-lama buat satu part sambil mempelajari fitur yang lebih rumit, abis itu latihan menggabungkan (assembly) beberapa part. baru deh yang terakhir belajar analisis, dari analisis tegangan, regangan, panas,sampai analisis fluida.

untuk yang mau belajar solidworks gue rekomendasikan belajar dari video tutorial di youtube, karena gue pun begitu dan menurut gue itu sangat sangaat membantu. akun yang gue rekomendasikan untuk belajar solidworks dari youtube adalah akun ini

sekian, semoga bermanfaat yaa:)

3 komentar:

  1. Balasan
    1. makasih, tp ini ga sekeren gambar project solidworks yg digoogle kok, byk yg lbih keren

      Hapus
  2. stock hari ini
    1.centrino dell d600
    2.dual core compaq ,hp.fujitsu,Compaq,toshiba
    3.core 2 duo ,fujitsu s6420 ,nec,hp,dell studio,asus.
    4..netbook atom h,Lenovo,asus eepc
    harga mulai rp.1,5jt-3,5jt
    perumahan tanjung uncang batam putra jaya rp.280jt
    alamat batam center ruko kintamani blok h no.27 rp.700jt
    meja + kursi kantor rp.1500000 flash disk rp.120000,emas rp.900ribu
    top100 tembesi ruko hook rp.1,3m batam
    .service pc and notebook....08127003088

    BalasHapus