Sabtu, 28 Desember 2013

Teknik Mesin Vs Teknik Sipil

Berikut gue akan membahas sedikit tentang dua ilmu rekayasa tertua didunia. Dari semua jurusan teknik, yang paling menarik bagi gue ya kedua ini, yaitu teknik mesin dan teknik sipil. yang mana yang lebih menarik? teknik mesin atau teknik sipil? ilmu mekanik atau ilmu statis? mobil atau jembatan? gedung atau pesawat? KJI & KBGI atau IEMC&SEM?




mari kita bandingkan masing-masing dari keduanya.



TEKNIK SIPIL
Teknik sipil merupakan bidang keahlian yang sudah cukup tua dan telah berkontribusi banyak terhadap perkembangan dunia. Pada dasarnya bidang teknik sipil membantu membentuk kehidupan moderen yang kita nikmati sekarang ini. Bidang teknik sipil membangun, menjalankan, merawat dan memperbaiki atau memperbaharui fasilitas dan infrastruktur yang diperlukan oleh kehidupan modern seperti gedung, jalan, jalan layang, jalan kereta api, jembatan, bendungan untuk pembangkit listrik dan juga pengairan, pelabuhan laut dan udara, bangunan kilang minyak, bangunan anjungan lepas pantai, dan lain-lain.

Teknik sipil mempunyai ruang lingkup yang luas, di dalamnya pengetahuan matematika, fisika, kimia, biologi, geologi, lingkungan hingga komputer mempunyai peranannya masing-masing. Teknik sipil dikembangkan sejalan dengan tingkat kebutuhan manusia dan pergerakannya, hingga bisa dikatakan ilmu ini bisa mengubah sebuah hutan menjadi kota besar.

TEKNIK MESIN


Teknik Mesin adalah adalah cabang ilmu teknik/ rekayasa yang mempelajari energi dan sumber energinya serta aplikasi dari prinsip fisika untuk analisa, desain, manufaktur dan pemeliharaan sebuah sistem mekanik. Teknik Mesin merupakan salah satu bidang ilmu keteknikan yang dapat memberikan peluang besar untuk mewujudkan industri mesin baik dalam hal maintance dan repair, perancangan/design, pembuatan/ produksi serta sistem lingkungan di masa depan. 

Teknik Mesin membutuhkan pengertian mendalam atas konsep utama dari cabang ilmu mekanika, kinematika, teknik material, termodinamika dan energi. Teknik mesin dikembangkan di seluruh dunia berdasarkan masalah-masalah apa saja yang dihadapi manusia dengan solusi yang membutuhkan penerapan ilmu mekanik. Maka bisa dikatakan, seorang ahli teknik mesin adalah pemecah masalah (problem solver) yang berguna demi kemajuan peradaban manusia.

MOBIL ATAU JEMBATAN
GEDUNG ATAU PESAWAT
KOMPETISI

IEMC (Indonesia Energy Marathon Challenge)

 Indonesia Energy Marathon Challenge (IEMC) 2013 merupakan kegiatan yang  diadakan oleh dikti untuk menguji kemampuan merancang dan membangun kendaraan yang aman, irit dan ramah lingkungan. Kegiatan ini dapat diikuti oleh seluruh universitas/institut/politeknik di Indonesia yang memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh panitia.
kendaraan yang dikompetisikan terdapat dua jenis, yaitu prototype dan urban concept, dari hampir dari masing-masing jenis dibagi lagi menjadi 3 kategory energi, yaitu listrik, bensin, dan diesel.
Ini adalah kompetisi yang paling bergensi tingkat nasional yang paling banyak menarik antusias dari mahasiswa teknik mesin diseluruh Indonesia. Tahun ini, Kompetisi ini baru berjalan untuk yang kedua kalinya, dan institusi yang mendapat juara umum ditahun pertama dan kedua adalah ITS (Institut Teknologi Sepuluh November) yang merupakan tuan rumah dari penyelenggaraan kompetisi ini.


SEM (Shell Eco Marathon)

Ini sama kaya kompetisi IEMC tapi dengan skala yang lebih besar, yaitu tingkat internasional.semoga mahasiswa mesin Indonesia bisa membanggakan indonesia lewat ajang ini ^_^



KJI & KBGI



Merupakan kompetisi yang paling bergengsi dikalangan mahasiswa teknik sipil diseluruh Indonesia. Kedua kompetisi ini diselenggarakan oleh dikti secara bersamaan. Untuk KJI, terdapat tiga jenis jembatan, yaitu jembatan busur, kayu, dan baja. yang menjadi penilaian dalam kompetisi ini adalah kekuatan, keindahan, kecepatan membangun, dan kelengkapan peralatan. begitu juga dengan KBGI yang juga dinilai dari sisi inovasi dan metode pelaksanaan. Pada dua tahun terakhir, kompetisi ini mendapatkan juara umum yang sama, yaitu Universitas Brawijaya.



JADI, MANA YANG LEBIH MENARIK???







CMIIW

FOLLOW MY IG @FAUZAN612
DAFTAR PUSTAKA
http://www.tekniksipil.org/
http://id.wikipedia.org/wiki/Teknik_sipil
http://id.wikipedia.org/wiki/Teknik_mesin
https://www.google.com/
http://iemc.its.ac.id/#

3 komentar:

  1. Yang banyak duitnya mana, sipil ato mesin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Antara Mesin dan Sipil: Mesin yg mau mengelas pipa bawah laut, pasti gajinya tidak tertandingi.

      Hapus