Minggu, 29 September 2013

Alasan Mengapa Kita Harus Menjadi Entrepreneur





Dengan menjadi entrepreneur, akan ada banyak sekali manfaat yang kita dapat. Enterpreneur merupakan suatu aspek penting dalam keberlangsungan berbangsa dan bernegara. Tanpa adanya entrepreneur local disuatu Negara, unsur asing akan masuk dan menghidupi  semua sector kehidupan pada Negara tersebut. Bangsa dan Negara tersebut tidak bias hidup mandiri. Tak akan bias tegak berdiri tanpa adanya unsure asing yang telah melenakan mata mereka. Kalau sudah begini, apa bedanya dengan dijajah? Jika untuk berdiri sendiri saja susah, bagaimana bisa mengguncang dunia atau sekedar  Negara tetangga. Meningkatkan kuantitas entrepreneur local adalah jawabannya. 


Inilah fakta yang kemudian dapat dijelaskan kenapa Indonesia tertinggal jauh dengan Singapura, AS, Rusia, Brasil, China dan India. Saat ini, bangsa kita sudah menjadi budak dinegara sendiri. Menurut David McClelland,seorang ahli psikologi social dan juga motivator, mengatakan bahwa untuk menjadi suatu Negara yang maimur, Negara tersebut membutuhkan paling tidak 2% entrepreneur dari total seluruh warganya. Pada tahun 2007, di Indonesia diperkitakan ada 400.000 enterpreneuratau 0,18 % dari warganya. Untuk menjadi negera yang makmur, Indonesia memerlukan jumlah entrepreneur 2% dari warganya, yaitu sekitar 4,4 juta entrepreneur. Sebagai bahan perbandingan, singapura memiliki 7,2% entrepreneur dan amerika serikat memiliki 11,5% entrepreneur.



Indonesia membutuhkan banyak entrepreneur untuk membuka lapangan kerja. Tanpa adanya entrepreneur aka nada banyak pengangguran terdidik. Berdasarkan data februari 2007, ada 740.206 penganggur lulusan perguruan tinggi di Indonesia. Enam bulan kemudian, jumlah penganggur perguruan tinggi di Indonesia bertambah  66.578 orang atau naik 9,88 %. Tanpa para entrepreneur, sumber energy, komoditi dan mineral yang melimpah di Indonesia akan diserap oleh perusahaan asing. Asing sudah memasuki hamper semua segmen kehidupan ekonomi, budaya dan politik di Indonesia.

Jika di Indonesia ini banyak entrepreneur, maka pengangguran akan ditekan. Ambilah contoh sederhana, satu entrepreneur memiliki satu karyawan. Satu karyawan punya satu istridan satu anak. Paling tidak satu entrepreneur telah ikut mengurangi beban 3 orang. Selain itu, pemerintah akan diuntungkan penerimaan pajak. Ada efek yang sangat besar yang bias diambil dari banyaknya para entrepreneur.

Dengan menjadi entrepreneur, kita dapat meraih kekayaan harta. Bermimpilah jadi orang kaya melalui kegiatan berwirausaha. Tentu saja orang kaya yang baik, banyak bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.ketika kita menjadi orang kaya, kita akan lebih mudah melakukan ibadah. Tidak kesulitan biaya ketika hendak pergi haji,atau bahkan kita bisa mempergihajikan orang lain. 

Tak perlu menunggu tua  untuk melakukan kegiatan entrepreneur. Seperti yang telah dicontohkan panutan kita nabi Muhammad. Muhammad muda memulaibisnisnya sejak usia belia. Dia terkenal sebagai pedagang yang jujur. Banyak orang besa menaruh kepercayaan kepadanya dalam urusan bisnis. Salah satunya adalah siti khadijah yang pada akhirnya menjadi istri beliau.

Mungkin belum banyak yang tahu tentang cerita ini. Pada usia 25 tahun, Muhammad meminang Siti Khadijah dengan mahar 20 ekor unta. Jika harga satu ekor unta senilai Rp.30 juta. Itu berarti mahar yang diberikan muhammadkepada Khadijah bernilai Rp. 600 juta. Dalam ceramah pernikahan Muhammad dan Khadijah, Abu Thalib memberikan sambutan dengan kalimat kekaguman kepada Muhammad sebagai anak muda yang telah sukses. Jika Muhammad muda pada usia 25 tahun telah memberikan mahar senilai Rp.600 juta, maka anak anak negeri ini pada usia 25 tahun baru menulislamaran pekerjaan.



Saat menjadi nabi, Muhammad mulai melepaskan kekayaannya. Ia banyak memberikan hartanya untuk membantu orang lain. paling lama, Rosulullah menyimpan hartanya hanya tiga hari, setelah itu banyak digunakan untuk membantu perekonomian orang-orang miskin. Namun jangan salah, setelah menjadi nabi sisa-sisa kekayaannya juga masih tampak, seperti unta dan keledaitunggangannya yang tercepatdan termahal. Rosulullah juga mempunyai baju bagus yang digunakan untuk menyambut tamu-tamu besar. Barangkali jika diibaratkan jaman sekarang, Rosulullah memakai mobil bagus seperti jaguar atau Mercedes, tapi bukan untuk menyombongkan diri . Pada zaman dulu dan sekarang, kendaraan dan penampilan yang bagus menjadi daya tarik dalam interaksi social.

Sudah jelas alas an mengapa kita harus menjadi entrepreneur. Untuk memakmurkan bangsa dan Negara atau sekedar mengikuti panutan kita nabi Muhammad dan mendapatkan banyak mafaat.

(Tugas PK2MU Universitas Brawijaya Fauzan R. S. )
Daftar pustaka
Kaelola Akbar. The power of mimpi. Buku pintar.2011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar